Diet Anti Penuaan Untuk Tetap Awet Muda

Diet Anti Penuaan Untuk Tetap Awet Muda

REINHA.com – Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, mengapa ada orang-orang yang usianya lebih tua dari Anda namun mereka masih terlihat awet muda, energik dan berpenampilan menarik? Jawabannya adalah kecukupan hormon gender, hormon estrogen bagi wanita dan hormon testosteron bagi pria.

Saat seseorang memasuki masa menopause di usia 40-an, kadar hormon gender yang diproduksi secara alami mulai menurun, yang akan mengarah pada tanda-tanda khas penuaan seperti rambut yang memutih, suasana hati yang buruk dan libido yang menurun. Namun jika kadar hormon gender yang diproduksi tinggi, maka seseorang akan memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan tersebut.

Bagi wanita, berat badan mulai bertambah di usia pertengahan, khususnya di sekitar perut. Hal ini disebabkan oleh menurunnya kadar estrogen yang diproduksi oleh indung telur penurunan estrogen membuat sel-sel lemak membesar dan berkumpul di sekitar perut, ini menyebabkan perut kendur dan bergelambir.

Selain itu menurunnya kadar estrogen juga mempersingkat siklus pertumbuhan rambut, sehingga rambut rontok sebelum panjang. Pada saat yang sama, penurunan estrogen akan membuat organ kewanitaan menjadi kering, membuat kulit kering dan kusam karena kurangnya kolagen, serta menurunkan massa tulang dan menyebabkan peningkatan resiko osteoporosis.

Hormon gender juga memainkan peran penting untuk pria. Testosterone sangat penting untuk menjaga massa otot, pertumbuhan tulang, suasana hati dan fungsi seksual pada pria. Namun sayangnya, penurunan kadar testosterone dari usia 40 tahun, membuat 1 hingga 2 persen massa otot menurun setiap tahunnya, dan digantikan dengan lemak tubuh terutama di sekitar perut.

Selain itu kemampuan tubuh membakar kalori juga akan menurun hingga 200 kalori lebih sedikit dibandingkan di usia muda. Lemak perut akan mengubah testosterone menjadi estrogen yang akan menurunkan energi dan libido seorang pria, dan dapat menyebabkan peningkatan resiko kanker prostat. Selain itu rambut akan menipis, perasaan depresi, penurunan tinggi tubuh dan penurunan massa tulang.

Menurut seorang ahli gizi dan spesialis anti penuaan, Dr Caroline Apovian, dari Boston University School of Medicine, dalam bukunya ‘The Age-Defying Diet’, Anda dan pasangan Anda dapat terlihat lebih muda, lebih energik, dan memiliki bentuk tubuh yang lebih menarik dengan membuat beberapa perubahan pada pola makan dan pola hidup Anda.

Wanita dapat meningkatkan kadar estrogen dengan rajin mengkonsumsi makanan tertentu, begitu juga dengan pria. Untuk wanita, mereka disarankan untuk menkonsumsi makanan yang mengandung zat fitoestrogen, seperti kedelai dan sayuran hijau. Fitoestrogen merupakan suatu zat yang mirip dengan estrogen dan di dalam tubuh zat ini akan dikonversikan menjadi hormon estrogen.

Sedangkan untuk pria disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan zinc dan magnesium yang sangat baik untuk meningkatkan produksi testosteron.

Selain mengkonsumsi makanan tertentu, pria dan wanita juga dianjurkan untuk mengganti pola hidup mereka. Salah satunya dengan jam tidur yang cukup. Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik Anda. Ada begitu banyak perbaikan dan pemulihan di dalam tubuh yang terjadi saat Anda tidur. (rsn-reinha)

Share thisShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0