Arkeolog Temukan Manusia Purba ‘Modis’ Di Turki

REINHA.com – Para arkeolog telah menemukan kerangka dari manusia purba yang berpenampilan ‘modis’ di sebuah situs di Turki. Kerangka yang sudah berumur sekitar 4.500 tahun tersebut dikubur dengan mengenakan perhiasan lengkap layaknya manusia pada zaman modern.

Manusia purba modis tersebut ditemukan di situs pemakaman di desa Resuloglu, Ugurludag, provinsi Corum, Turki Utara. Sejumlah kerangka yang ditemukan mengenakan perhiasan berupa gelang tangan, gelang kaki, dan kalung. Diperkirakan kerangka tersebut berasal dari zaman perunggu awal di Turki.

“Mereka mengikuti mode luar secara tidak langsung dan mereka mencoba untuk menerapkan seni di luar rumah, terutama pada pakaian dan ornamen wanita” menurut laporan Profesor Tayfun Yildirim dari Universitas Ankara yang menjabat sebagai pimpinan utama dalam penggalian tersebut.

“Benda hias yang kami temukan di pemakaman tidak hanya digunakan oleh wanita tapi juga oleh pria. Sisa-sisa kerangka tersebut memberi kami informasi penting tentang kepercayaan orang-orang yang tinggal pada 4.500 tahun yang lalu”

Yildirim juga menjelaskan bahwa mereka menemukan di beberapa makam wanita terdapat senjata yang dikubur bersama jasad wanita-wanita tersebut.

“Jika Anda menemukan senjata saat menggali makam, Anda bisa membayangkannya jika ini makam laki-laki. Namun kami menemukan di beberapa kuburan wanita ada senjata sebagai simbol status pada kuburan wanita berusia antara 50 dan 55 tahun. Jika belati ada di kuburan wanita itu, mereka juga menunjukkan bahwa mereka mencintai senjatanya pada saat bersamaan”

Arkeolog memperkirakan bahwa penduduk desa purba tersebut terampil dalam pertambangan dan pertanian, berdasarkan pada tanah liat dan artefak logam yang ditemukan di sana. Orang-orang purba tersebut diyakini berasal dari Kaukasia dan Mesopotamia. (rsn-reinha)