BERITABerita Dunia

Badai Ophelia Sebabkan Fenomena Matahari Merah Di Inggris

Badai Ophelia Sebabkan Fenomena Matahari Merah Di Inggris

REINHA.com – Langit kemerahan yang tidak biasa dan matahari yang berwarna merah dilaporkan telah terjadi di beberapa negara bagian di Inggris, pada hari Senin siang, 16 Oktober 2017 waktu setempat. Pengamat cuaca meyakini fenomena tersebut disebabkan oleh sisa-sisa Badai Ophelia.

Fenomena matahari merah tersebut dilaporkan terlihat di South West, West Midlands, North West dan North East. Banyak orang yang tidak rela melewatkan fenomena ini dan berlomba-lomba untuk membagikan gambar matahari merah tersebut di akun media sosial mereka.

Pengamat cuaca yang bekerja untuk BBC, Simon King, mengatakan bahwa fenomena matahari merah disebabkan oleh sisa-sisa Badai Ophelia yang menyeret udara dan debu tropis dari Sahara.

Selain itu, Simon menambahkan bahwa debu-debu dari kebakaran hutan di Portugal dan Spanyol juga ikut berperan. Debu tersebut ditarik ke utara oleh Badai Ophelia dan menyebabkan gelombang cahaya biru panjang pendek menjadi tersebar, membuatnya tampak merah.

“Ophelia berasal dari Azores tempat badai itu dan saat melintas di utara, udara diseret di udara tropis dari Sahara. Ini berarti debu dari Sahara dibawa masuk ke udara dan naik ke atmosfer, dan debu itu terseret tinggi di atmosfer di atas Inggris” Simon menjelaskan.

“Partikel di udara menyebabkan cahaya biru menyebar sehingga gelombang cahaya merah panjang menjadi lebih bersinar” tambahnya. (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.