BERITABerita Dunia

Lukisan Ciuman Donald Trump Dan Benjamin Netanyahu Gegerkan Dunia

Lukisan Ciuman Donald Trump Dan Benjamin Netanyahu Gegerkan Dunia

REINHA.com – Sebuah mural menampilkan gambar Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, sedang berciuman dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, muncul di tembok penghalang keamanan Israel di sekitar kota Bethlehem, Tepi Barat.

Dalam foto yang beredar, terlihat sepasang turis sedang berselfie menirukan adegan ciuman pimpinan AS dan Israel tersebut.

Lukisan tersebut dibuat oleh pelukis jalanan Australia yang dikenal sebagai Lushsux. Lushsux mengatakan kepada Reuters bahwa dia ingin menarik perhatian orang-orang Palestina yang terjebak dalam “penjara” dengan menciptakan karya seninya.

Lukisan tersebut memiliki kemiripan dengan karya terkenal di Tembok Berlin oleh seniman Rusia Andrey Vrubel, yang menggambarkan “ciuman persaudaraan” dari pemimpin Soviet Leonid Brezhnev dan rekannya dari Jerman Timur Erich Honecker.

Lushsux sebelumnya telah mendekorasi penghalang pemisah di Yerusalem dengan dua mural lain yang menampilkan Trump.

Salah satu lukisan tersebut menunjukkan bahwa Presiden AS mencium sebuah menara pengawas Israel, sementara di sisi lain, Trump terlihat meletakkan tangannya di tembok dan merenung: “Saya akan membangunkan saudara laki-laki,” mengacu rencananya untuk membangun tembok pembatas antara AS dengan Meksiko.

“Tembok itu punya pesan tersendiri,” kata pelukis tersebut. “Saya tidak perlu menulis ‘Free Palestine’ atau sesuatu seperti itu, sesuatu yang benar-benar langsung … orang akan mengabaikannya.”

“Saya hanya melukis dan mungkin orang akan mulai melihat latar belakang lukisan dan melihat orang-orang yang terjebak di sini, dan mungkin itu akan bekerja lebih baik,” Lushsux menjelaskan.(jmw-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.