Penelitian: Terapi Avatar Bantu Penderita Skizofrenia

Penelitian: Terapi Avatar Bantu Penderita Skizofrenia

Terapi Avatar / BBC

REINHA.com – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli asal Inggris, menemukan bahwa terapi avatar dapat membantu mengurangi halusinasi yang dialami oleh para penderita Skizofrenia. Pasien yang telah menjalani terapi ini menjadi kurang tertekan dan lebih sedikit mendengar suara-suara aneh dibandingkan mereka yang hanya mengikuti sesi konseling.

Dalam studi yang dilakukan oleh para ilmuwan dari King’s College London dan Universitu College London, 150 orang penderita Skizofrenia diberikan sesi terapi yang berbeda. 75 pasien diberikan enam sesi terapi avatar, sementara sisanya hanya diberikan sesi konseling seperti biasanya.

Dalam sesi terapi avatar, pasien diminta untuk menciptakan simulasi komputer yang mewakili penampilan dan suara yang seringkali mereka dengar saat berhalusinasi. Terapis kemudian menyuarakan avatar tersebut untuk berbicara dengan pasien. Avatar akan mengatakan hal-hal buruk tentang si pasien. Pasien diharuskan untuk menolak perkataan avatar tersebut dan berusaha untuk mengambil alih pembicaraan.

(Baca juga: Penelitian: Sistem Imun Kendalikan Perilaku Sosial)

Profesor Tom Craig, salah satu penulis studi dari King’s College London, mengatakan bahwa pasien yang menjalani sesi avatar terbukti merasa lebih aman, mudah diarahkan, dan mendapatkan hasil dua kali efektif daripada sesi konseling biasa. Pasien mengaku lebih jarang berhalusinasi dan mendengar suara-suara aneh.

“Setelah 12 minggu menjalani terapi, terjadi peningkatan dramatis dibandingkan terapi lainnya. Dengan melihat avatar yang berbicara, pasien belajar menghadapi dan mendapat balasan darinya” ucap Craig.

7 dari 75 pasien yang menjalani terapi avatar mengatakan bahwa halusinasi mereka benar-benar hilang sepenuhnya setelah 12 minggu. Sementara yang lainnya mengalami kemajuan yang signifikan dengan berkurangnya halusinasi.

Craig mengatakan bahwa langkah selanjutnya adalah untuk mengetahui apakah terapi tersebut dapat bekerja di lokasi lain, sebelum dipraktekkan secara luas. Namun Craig menambahkan bahwa temuan tersebut merupakan pendekatan baru yang penting untuk mengobati skizofrenia.

Skizofrenia adalah gangguan mental yang ditandai dengan gangguan proses berpikir dan tanggapan emosi yang lemah. Keadaan ini pada umumnya dimanifestasikan dalam bentuk halusinasi, paranoid, keyakinan atau pikiran yang salah yang tidak sesuai dengan dunia nyata serta dibangun atas unsur yang tidak berdasarkan logika, dan disertai dengan disfungsi sosial dan pekerjaan yang signifikan.

# Penelitian: Terapi Avatar Bantu Penderita Skizofrenia (rsn-reinha)

Share thisShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0