Sepertiga Penduduk Pulau Ini Hidup Sampai 90 Tahun

Sepertiga Penduduk Pulau Ini Hidup Sampai 90 Tahun

Ionna Proiou / Marissa Tejada

REINHA.com – Ikaria merupakan sebuah pulau kecil di Yunani yang dihuni oleh 8500 orang penduduk. Namun uniknya, rata-rata usia hidup penduduk di pulau tersebut lebih tinggi 10 tahun dibandingkan rata-rata usia hidup penduduk di dunia. Bahkan, sepertiga penduduk Ikaria dapat hidup sampai usia 90 tahun.

Dengan rambut tipis dan putih yang disematkan ke samping dan kacamata tebal bertengger di atas hidungnya, Ioanna Proiou menyelipkan jari-jarinya ke helaian benang wol berwarna biru yang terbentang di atas alat tenun berbahan kayu. Saat lengannya bergerak berirama, alat tenun itu sedikit gemetar.

Dengan alat tenun itu, Proiou membuat tas anyaman dan pakaian yang dia jual dari toko kecilnya di Christos Raches, sebuah desa berpenduduk 300 orang di pulau Ikaria, Yunani. Di usianya yang telah mencapai 105 tahun, wanita tua itu masih semangat dan penuh energi untuk melakukan aktivitas rutinnya.

Kepada wartawan BBC, Proiou mengatakan bahwa dia sangat mencintai pekerjaannya. Pekerjaan yang dilakukan adalah rahasia hidupnya yang panjang umur dan bahagia. “Lakukan sesuatu dalam hidupmu yang membangkitkan gairahmu” ucap Proiou.

“Ketika suami saya meninggal puluhan tahun yang lalu, saya terus melakukan apa yang saya cintai. Kemudian, ada orang lain yang mengusulkan kepada saya untuk menikah lagi, tapi saya bilang ‘tidak’. Saya menikah dengan alat tenun saya” lanjutnya.

Tidak jauh dari tempat Proiou menjual barang dagangannya di alun-alun utama Christos Raches yang sepi dan tenang. Warga setempat menyesap kopi di bawah naungan pohon berdaun pohon dan bertukar basa-basi di luar rumah beratap terakota mereka.

Sepertiga Penduduk Pulau Ini Hidup Sampai 90 Tahun

Ionna Proiou / Marissa Tejada

Pemilik bisnis membuka dan menutup pintu mereka tanpa jadwal yang ditetapkan. Banyak toko beroperasi dengan sistem kehormatan, pelanggan mengambil apa yang mereka sukai dan meninggalkan uang di loket sebagai imbalan. Ini adalah pemandangan yang cukup umum di pulau-pulau Yunani. Tapi berbeda dengan pulau-pulau Yunani lainnya, sepertiga penduduk Ikaria dapat hidup hingga lebih dari 90 tahun.

Ikaria merupakan satu dari 5 wilayah di dunia yang dikenal dengan sebutan Blue Zone. Blue Zone adalah wilayah di mana sebagian besar penduduknya hidup dengan umur panjang. Selain Ikaria, wilayah Blue Zone lain yaitu Sardinia di Italia, Nicoya Di Kosta Rika, Okinawa di Jepang, dan Loma Linda di California.

Yang menjadi pertanyaan adalah ‘apa yang sebenarnya menyebabkan rata-rata umur penduduk Ikaria bisa lebih panjang daripada penduduk di wilayah-wilayah lain di dunia?’

Para ahli sering mengutip diet sehat dan gaya hidup aktif sebagai kunci kehidupan yang lebih panjang. Para profesional medis dan antropolog yang terkait dengan proyek Blue Zone juga mencatat pentingnya hubungan keluarga dan keterlibatan dekat di komunitas berbasis agama.

(Baca juga: Mengerikan Tradisi Berburu Paus Dan Lumba-lumba Di Kepulauan Faroe)

Ikarian (sebutan untuk penduduk Ikaria) berusaha untuk tetap berhubungan erat dengan keluarga dan tetangga mereka, dan orang tua memainkan peran penting di masyarakat. Kakek nenek sering membantu membesarkan cucu atau menjalankan bisnis.

Pensiunan dokter, Christodoulos Xenakis, memiliki teori lain tentang bagaimana orang Ikarian menghindari kecemasan yang tidak perlu. Menurut Xenakis, Ikarian menghabiskan hari-hari mereka dengan menetapkan tujuan.

“Pria 81 tahun yang saya temui, menceritakan kepada saya tentang proyek terakhirnya menyelenggarakan Regatta Senior Ikaria, sebuah pertarungan perahu yang batas minimum untuk kapten adalah 70. Dua puluh awak yang berpartisipasi berlayar dengan rute 14 mil laut dari pulau Samos ke Ikaria dan kembali lagi ke Samos”

“Ini bukan lomba. Perlombaan menunjukkan bahwa kita masih bisa melakukannya dan kita mampu. Tapi saat Anda melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia atau orang lain bahagia, bagaimana Anda tidak merasa sehat, merasa lebih baik atau merasa baik?” ucap Xenakis.

# Sepertiga Penduduk Pulau Ini Hidup Sampai 90 Tahun (rsn-reinha)

Share thisShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0