Singapura Akan Gunakan Bus Tanpa Pengemudi Di Tahun 2022

Singapura Akan Gunakan Bus Tanpa Pengemudi Di Tahun 2022

Bus tanpa pengemudi di Nanyang Technological University, Singapura / NTU SINGAPORE

REINHA.com – Singapura berencana untuk memperkenalkan bus tanpa pengemudi sebagai transportasi umum di tahun 2022 mendatang. Pemerintah Singapura mengatakan mereka akan segera melakukan uji coba di tiga area pemukiman warga dengan jalanan yang tidak terlalu padat.

Bus yang disebut ‘bus otonom’ ini tidak akan ditempatkan di jalan-jalan raya, melainkan akan digunakan untuk membantu penduduk melakukan perjalanan hanya di area pemukiman mereka. Membantu mereka yang ingin menuju stasiun kereta api dan halte bus terdekat.

Pemerintah negara padat penduduk ini berharap teknologi bus tanpa pengemudi ini akan membantu negara mengelola kendala lahan dan kekurangan tenaga kerja.

“Kendaraan otonom akan sangat meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas sistem transportasi umum kita, terutama untuk orang tua, keluarga dengan anak kecil dan yang kurang mobile” kata Menteri Perhubungan Khaw Boon Wan.

(Baca juga: Boston Dynamics Rilis Versi Baru Robot Anjing Tanpa Kepala)

Bus otonom diharapkan dapat melengkapi layanan bus berawak yang ada, dan awalnya akan beroperasi pada jam sibuk. Selain itu, pemerintah berencana membiarkan penumpang mengirim on-demand melalui telepon genggam mereka.

Singapura memiliki kemacetan lalu lintas yang kurang dibandingkan dengan kota-kota lain di Asia Tenggara, karena tol jalan dan kebijakan yang mempromosikan transportasi umum. Negara ini juga berharap bisa unggul dalam teknologi kendaraan tanpa pengemudi.

“Kendala transportasi darat kita dapat membantu kita menjadi pemain global dalam solusi mobilitas perkotaan. Apa yang bekerja di sini kemungkinan juga akan bekerja di kota lain” ucap Khaw, yang berbicara pada peluncuran pusat uji coba untuk kendaraan penggerak sendiri pada hari Rabu, 22 November 2017.

Pusat uji coba ini akan memungkinkan pengembang kendaraan tanpa pengemudi untuk menguji coba bagaimana mobil dan bus buatan mereka dapat memberi solusi bagi pejalan kaki dari hujan deras, pengemudi agresif, pengendara sepeda, skuter dan skenario di jalan lainnya yang membahayakan para pejalan kaki.

“Saat ini setidaknya 10 perusahaan sedang melakukan uji teknologi mobil tanpa pengemudi di Singapura” tambah Khaw.

# Singapura Akan Gunakan Bus Tanpa Pengemudi Di Tahun 2022 (rsn-reinha)

Share thisShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0