Lima Jenis Buah Untuk Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Lima Jenis Buah Untuk Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Buah Pepaya / Healthline

REINHA.com – Kanker merupakan penyakit mematikan yang sangat ditakuti banyak orang. Selain membutuhkan biaya perawatan yang sangat besar, penderita penyakit ini memiliki kecil kemungkinan untuk sembuh. Karena itu pencegahan sebaiknya Anda lakukan sejak dini dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

Sel kanker berkembang di dalam tubuh jika seseorang menjalani pola makan dan pola hidup yang tidak sehat, seperti gemar mengkonsumsi junk food dan makanan kemasan yang tinggi bahan pengawet. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah, merupakan cara terbaik untuk mencegah penyakit mematikan tersebut.

(Baca juga: Lima Cara Menangani Luka Bakar Ringan)

Hampir semua jenis sayur dan buah baik untuk kesehatan tubuh jangka panjang dan mencegah dari penyakit-penyakit mematikan. Namun ada beberapa jenis buah yang jika rutin dikonsumsi dapat dengan efektif mencegah berkembangnya sel kanker. Berikut lima jenis buah untuk mencegah perkembangan sel kanker.

1. Tomat

Tomat mengandung beberapa jenis antioksidan dalam kadar tinggi seperti vitamin C dan likopen, yang membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang bisa menyuburkan sel kanker. Likopen dalam tomat juga dapat menurunkan resiko kanker prostat, sedangkan betakaroten dalam tomat dapat mencegah kanker usus.

Beberapa penelitian yang dilakukan American Cancer Society menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi tomat, memiliki resiko lebih rendah terhadap kanker, terutama kanker prostat, kanker paru-paru dan kanker usus.

2. Anggur

Tidak hanya digemari karena rasanya yang enak, buah anggur ternyata sangat bermanfaat sebagai penghambat perkembangan sel kanker. Buah anggur mengandung flavonoid, senyawa yang dapat menghancurkan sel kanker.

Selain itu, anggur juga mengandung antosianin, senyawa yang sangat baik untuk meredakan ketegangan pada pembuluh darah arteri. Serta mengandung resveratrol yang ampuh sebagai anti kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan kinerja organ tubuh agar berfungsi optimal.

3. Pepaya

Buah pepaya seringkali menjadi alternatif makanan sehat bagi kalangan ekonomi menengah ke bawah karena rasanya yang manis, mudah didapat dan harganya yang murah. Namun siapa sangka, buah ini mengandung banyak manfaat, salah satunya sebagai buah anti kanker.

Pepaya mengandung senyawa antioksidan yang disebut papain, yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghalau radikal bebas. Selain itu ada banyak vitamin dan nutrisi lainnya yang efektif untuk mencegah kanker, jika buah ini dikonsumsi secara rutin dan dalam jangka panjang.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa buah pepaya dapat mengurangi resiko terserang kanker payudara dan kanker pankreas. Tak hanya buahnya, daun pepaya juga sangat efektik mencegah perkembangan sel kanker.

4. Alpukat

Antioksidan dan senyawa lainnya dalam buah alpukat diketahui dapat mengurangi peradangan dan mencegah radikal bebas. Namun ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa buah alpukat memiliki manfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai jenis kanker.

Sebuah studi yang dilakukan di Ohio State University dan diterbitkan dalam Seminar di Biologi Kanker menemukan, bahwa ekstrak alpukat dapat menghancurkan sel-sel penyebab kanker dan mencegah pembentukan sel kanker yang baru.

Sebuah studi yang dilakukan di UCLA pada tahun 2005 menemukan, bahwa ekstrak dari alpukat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat androgen-dependent dan androgen-independen secara in vitro (kultur jaringan).

Penelitian lain menyebutkan bahwa buah alpukat tinggi asam oleat yang berkhasiat untuk mencegah kanker payudara.

5. Delima

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari University of California menunjukkan bahwa nutrisi, vitamin dan senyawa antioksidan yang terkandung dalam buah delima sangat baik dalam mencegah dan melawan kanker. Terutama jenis kanker yanh berhubungan dengan organ reproduksi seperti kanker prostat dan kanker serviks.

Meskipun buah delima sangat baik untuk mengurangi resiko kanker, penelitian menyebutkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi buah delima dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Karena memiliki kontraindikasi dengan zat tertentu yang terkandung di obat-obatan. Konsumsi buah delima secukupnya dan konsultasikan dengan dokter jika sedang mengkonsumsi obat tertentu.

# Lima Jenis Buah Untuk Mencegah Perkembangan Sel Kanker (rsn-reinha)

Share thisShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0