Lima Jenis Diet Ekstrim Yang Berbahaya Bagi Tubuh

Lima Jenis Diet Ekstrim Yang Berbahaya Bagi Tubuh

extreme diet / lifeplunge

REINHA.com – Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan bagi kebanyakan orang, terutama para wanita. Namun untuk mendapatkan berat ideal tersebut tidaklah mudah, Anda harus mengubah pola makan dan pola hidup Anda agar lebih sehat. Tidak sedikit orang yang menolak melakukan diet sehat dan memilih diet ekstrim untuk mendapatkan berat badan ideal dalam waktu singkat.

Ada banyak jenis diet yang tergolong cukup populer dan terbukti sangat efektif menurunkan berat badan dalam hitungan hari. Tapi apakah diet-diet tersebut aman? Jawabannya adalah tidak. Diet yang paling aman untuk menurunkan berat badan adalah diet yang tetap mengutamakan asupan gizi yang seimbang.

(Baca juga: Lima Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur)

Jika Anda sedang atau ingin menjalani diet untuk menurunkan berat badan, sebaiknya Anda mengenal diet ekstrim apa saja yang tidak disarankan oleh para ahli. Berikut lima jenis diet ekstrim yang berbahaya bagi tubuh.

1. Diet Putri Tidur

Saat tertidur Anda tidak akan merasakan lapar sama sekali tapi proses metabolisme tubuh tetap berjalan. Begitulah yang dipahami oleh pelaku diet putri tidur. Cara menjalankan diet ini cukup sederhana, cukup dengan mengkonsumsi obat tidur dosis tinggi.

Diet ini akan secara paksa memasukkan bahan kimia ke dalam tubuhmu sehingga mengganggu siklus tidur tubuhmu. Disamping itu ketika kamu berhenti makan saat tidur, saat bangun kamu akan mulai merasakan efek samping seperti sakit kepala, halusinasi, kehilangan keseimbangan, mood labil, serta siklus tidur yang berantakan.

2. Diet 500 Kalori

Diet 500 kalori tergolong salah satu diet ekstrim yang berbahaya karena diet ini hanya memperbolehkan Anda mengkonsumsi sebanyak 500 kalori saja. Defisit kalori yang berlebihan memang membuat penurunan berat badan lebih cepat, tapi memiliki efek buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah membuat metabolisme tubuh menurun. Dengan menurunnya metabolisme, maka semakin lama penurunan berat badan akan semakin sulit, sekalipun Anda tidak makan apapun selama sehari.

3. Diet Cacing Pita

Diet cacing pita cukup populer di kalangan artis dan model. Obsesi untuk tetap cantik dengan tubuh yang ideal yang membuat para wanita rela melakukan diet ekstrim ini. Diet cacing pita dilakukan dengan cara menelan kapsul berisi telur cacing. Cacing akan menetas dan hidup dengan mengkonsumsi makanan di dalam usus. Setelah berat badan turun, cacing akan dikeluarkan dengan mengkonsumsi obat cacing.

Diet ini cukup menggoda karena Anda tetap dapat makan enak tanpa khawatir akan menimbun lemak. Tapi cacing yang bersarang di dalam tubuh memiliki kemungkinan berpindah ke organ tubuh yang lain, dan menimbulkan masalah kesehatan, bahkan mengakibatkan kematian.

4. Diet Kapas

Diet kapas merupakan diet ekstrim yang sangat berbahaya dan tidak dianjurkan oleh para dokter. Diet ini dilakukan dengan cara mencelupkan bola kapas dalam jus dan meminumnya. Metode ini banyak digemari oleh para model agar tubuhnya tetap ideal.

5. Diet Inedia

Diet Inedia berasal dari kepercayaan agama Hindu di mana seseorang dapat bertahan hidup tanpa makanan. Pelaku Inedia hanya mengandalkan udara dan cahaya matahari. Kepercayaan ini kemudian dijadikan dasar untuk melakukan penurunan berat badan bernama diet inedia.

Namun pada kenyataannya, Inedia diperuntukkan hanya bagi mereka yang ingin meningkatkan spiritualitas keagamaan mereka dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan diet atau menurunkan berat badan.

# Lima Jenis Diet Ekstrim Yang Berbahaya Bagi Tubuh (rsn-reinha)

Share thisShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0