Lima Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

Lima Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

iStock Photo

 REINHA.com – Kualitas tidur yang baik sangat menunjang proses metabolisme tubuh dan produksi hormon sehari-hari. Namun ada kalanya seseorang mengalami kondisi sulit tidur atau yang dikenal dengan insomnia.

Insomnia yang berkepanjangan dapat berakibat buruk bagi kesehatan, sehingga tidak jarang penderita Insomnia menggunakan obat penenang dalam dosis tinggi untuk bisa tidur lelap. Padahal insomnia tidak harus diatasi dengan meminum obat penenang.

(Baca juga: Lima Jenis Buah Untuk Mencegah Perkembangan Sel Kanker)

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membuat rileks dan meningkatkan kualitas tidur Anda. Jenis-jenis makanan tersebut sangat baik jika dikonsumsi sebelum jam tidur Anda. Berikut lima jenis makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur.

1. Buah Pisang

Buah pisang mengandung melatonin dan tryptophan yang diubah menjadi serotonin yang membuat Anda mudah tidur. Pisang juga memiliki kandungan kalium (potasium) yang tinggi, yang sangat diperlukan oleh sel-sel tubuh untuk mempertahankan tidur yang normal.

Tidak hanya membuat mudah tidur dan membuat tidur lebih nyenyak, makan buah pisang sebelum tidur juga dapat membantu mengobati penderita obstructive sleep apnea (gangguan susah bernafas saat tidur).

2. Produk Olahan Susu

Segelas susu hangat sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Karena di dalam segelas susu terdapat kandungan kalsium yang dapat memproduksi melatonin dan membuat otot menjadi lebih rileks. Selain itu, terdapat pula kandungan amino acid tryptophan yang dapat membantu merangsang hormon serotonin.

Selain segelas susu hangat, efek yang sama juga bisa Anda dapatkan dari produk olahan susu lainnya, seperti keju dan yogurt.

(Baca juga: Informasi Top Five Lainnya)

3. Kacang Almond

Kacang almond mengandung banyak magnesium dan tryptophan yang dapat membantu Anda tidur lebih cepat. Kandungan protein dalam kacang almond juga membuat gula darah menjadi stabil, sehingga badan menjadi lebih tenang dan tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

4. Buah Ceri

Buah ceri merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan melatonin, yang berguna untuk memproduksi hormon serotonin. Untuk mendapatkan manfaatnya, dapat dengan cara membuat jus ceri yang diminum satu jam sebelum tidur. Sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur menjadi nyenyak.

5. Buah Anggur

Buah yang satu ini juga mengandung tinggi kalium dan magnesium, serta kaya akan melatonin. Namun ingat, konsumsi buah anggur utuh sebelum Anda tidur agar tidur lebih nyenyak, bukan minuman anggur. Sebagian besar kandungan melatonin hilang saat anggur diolah menjadi minuman beralkohol.

# Lima Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur (rsn-reinha)

Share thisShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0