Putin: Suriah Telah Bebas, Termasuk Wilayah Kristen

Putin: Suriah Telah Bebas, Termasuk Wilayah Kristen

Gereja Ibrahim al-Khalil di Jaramana, Damaskus timur, Suriah © Omar Sanadiki / Reuters

REINHA.com – Situasi di Suriah secara bertahap telah berubah. Hampir seluruh wilayah Suriah, termasuk daerah bersejarah Kristen telah dibebaskan dari teroris, kata Presiden Rusia Vladimir Putin.

Putin menekankan pentingnya memulihkan perdamaian untuk memungkinkan para pengungsi dari setiap lapisan agama agar kembali ke rumah mereka.

“Situasi di negara ini (Suriah) secara bertahap berubah. Pasukan bersenjata Suriah, yang didukung oleh militer Rusia, telah membebaskan Suriah dari teroris, hampir seluruh wilayah negara tersebut, termasuk wilayah bersejarah Kristen, “kata Putin pada sebuah pertemuan dengan kepala kongregasi Kristen Ortodoks.

(Baca juga: Serangan Udara Rusia Di Suriah Tewaskan 2.359 Teroris Dalam 11 Hari)

Moskow akan membantu mengembalikan situs suci tidak hanya situs orang Kristen, tapi juga Muslim dan Yahudi, kata pemimpin Rusia tersebut.

“Kami juga akan membantu anggota agama lain, termasuk Muslim, yang seperti kita ketahui, juga sangat menderita di tangan para bandit, teroris dan radikal,” kata Putin.

“Kami juga akan membantu orang-orang Yahudi, sejumlah organisasi telah menghubungi kami untuk mendapatkan bantuan dalam restorasi tempat-tempat suci Yudais.”

(Video: Rusia Hujani ISIS Dengan Rudal)

Presiden Rusia mengulangi akan pentingnya sebuah kelompok kerja antara gereja Ortodoks Rusia dan Katolik Roma. Tujuan kelompok kerja adalah untuk mendaftar gereja-gereja di Suriah yang hancur agar dapat dibangun kembali.

Kembalinya populasi Kristen, serta para pengungsi agama lain, akan memainkan peran penting dalam pemulihan kehidupan damai di negara yang dilanda perang, Putin menekankan.

“Selama beberapa tahun terakhir negara Rusia bersama dengan Gereja Ortodoks Rusia, serta organisasi keagamaan lainnya telah memberikan bantuan kemanusiaan ke Suriah.

Sangat penting agar kehidupan damai terbentuk sesegera mungkin, agar orang bisa kembali ke rumah mereka, mulai membangun kembali kuil dan gereja, “tegas Putin.

(Baca juga: Trump Dan Putin Sepakat Untuk Kalahkan ISIS Di Suriah)

Bulan lalu, Kepala Staf Umum Rusia Valery Gerasimov mengatakan bahwa fase aktif operasi kontraterorisme Rusia di Suriah akan segera berakhir.

Pejabat tinggi militer tersebut menyampaikan komentar tersebut selama pertemuan trilateral dengan kepala staf umum Turki dan Iran di Sochi pada 21 November.

Upaya bersama tiga negara tersebut membantu menjaga kedaulatan dan integritas wilayah Suriah, menghentikan perang saudara dan menciptakan kondisi damai untuk memulihkan perdamaian, kata Gerasimov.

# Putin: Suriah Telah Bebas, Termasuk Wilayah Kristen (jmw-reinha)

Share thisShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0