Sekilas Tentang Panu, Penyakit Kulit Yang Paling Banyak Menyerang Laki-laki

Sekilas Tentang Panu, Penyakit Kulit Yang Paling Banyak Menyerang Laki-laki

payik kulit panu – @u-report

REINHA.com – Pytiriasis versicolor atau yang sering dikenal dengan panu merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan bercak putih, kecokelatan, atau merah muda, tidak gatal atau sedikit gatal saat berkeringat.

Penyakit ini disebabkan oleh jamur Malassezia furfur yang merupakan organisme saprofit pada kulit normal yang bila teraktivasi, mengalami perubahan dan bisa menginfeksi kulit (stratum korneum) bila terdapat faktor predisposisi.

(Baca juga: Lima Cara Menangani Luka Bakar Ringan)

Penyakit kulit ini tidaklah berbahaya namun sangat mempengaruhi kepercayaan diri dan penampilan sesorang. Banyak sekali anggapan bahwa Pityriasis versicolor atau panu biasanya terjadi pada orang-orang dengan tingkat kebersihan yang minim. Namun, sejatinya orang-orang dengan tingkat kebersihan baik pun bisa terserang penyakit ini.

Adapun faktor-faktor predisposisi ini terdiri dari faktor endogen seperti malnutrisi, imunocompromised, penggunaan kortikosteroid, adrenelektomi, Cushing syndrome. Atau faktor eksogen seperti kelembaban udara, oklusi oleh pakaian, penggunaan krim atau lotion, dan rawat inap.

(Baca juga: Lima Jenis Diet Ekstrim Yang Berbahaya Bagi Tubuh)

Pytiriasis versicolor ditemukan diseluruh dunia terutama di daerah tropis seperti di Indonesia. Bisa menyerang semua orang, tidak mengenal ras ataupun jenis kelamin. Angka kejadian pada laki-laki lebih banyak dibandingkan perempuan karena berhubungan dengan pekerjaan dan aktifitas yang lebih tinggi.

Pengobatan yang dilakukan dengan obat oral dan krim atau salep jamur memakan waktu dua minggu sampai satu bulan lamanya. Kulit yang terkena panu pun tidak langsung menghilang, namun berangsur-angsur dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Pengobatan dengan obat-obatan tradisional pun bisa dilakukan, bila dengan cara medis dirasa kurang mencapai hasil yang maksimal.

(Baca juga: Tato Di Tubuh Pasien Ini Membuat Dokter Ragu Selamatkan Hidupnya)

Perlu diingat bahwa, penyakit ini bisa berlangsung lama, menular, dan harus diobati dengan baik dan benar. Dan bagi yang telah sembuh dari penyakit ini hindarilah faktor predisposisnya jika tidak ingin penyakit ini muncul kembali.

Sekilas Tentang Panu, Penyakit Kulit Yang Paling Banyak Menyerang Laki-laki

Share thisShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0