Ilmuwan Membuat Robot Bayi Aluminium Foil Untuk Penelitian

Ilmuwan Membuat Robot Bayi Aluminium Foil Untuk Penelitian

© Photo: Purdue University

REINHA.com – Ilmuwan asal Purdue University di Indiana menciptakan robot berbentuk bayi dari aluminium foil untuk membantu mereka dalam penelitian. Bayi mengerikan tersebut dirancang untuk mempelajari risiko yang ditimbulkan dari lantai yang kotor.

Para ilmuwan membuat robot bayi itu merangkak melintasi lantai yang kotor. Dengan membungkus seluruh tubuh robot dengan aluminium foil, para peneliti dapat mengukur seberapa banyak kotoran, bakteri dan sampah bio lainnya yang menempel pada bayi yang merangkak.

Dengan menggunakan data yang dikumpulkan oleh robot kecil menyeramkan tersebut, para peneliti menemukan bahwa konsentrasi partikel berbahaya di area yang lebih rendah adalah 20 kali lebih banyak daripada di area yang lebih tinggi.

(Baca juga: Diagnosis Menggunakan AI Bisa Selamatkan Penderita Jantung)

Saat bayi merangkak di lantai, mereka menghirup segala jenis partikel yang tidak sehat, yang bisa masuk ke daerah terdalam di paru-paru mereka. Namun bukan berarti para orang tua harus memenjarakan bayi mereka di dalam pakaian gelembung steril.

“Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa paparan inhalasi mikroba dan partikel pembawa alergen di bagian kehidupan tersebut berperan penting dalam perkembangan dan perlindungan dari penyakit asma dan alergi” kata pemimpin peneliti Brandon Boor dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di jurnal Ilmu Lingkungan dan Teknologi.

# Ilmuwan Membuat Robot Bayi Aluminium Foil Untuk Penelitian (rsn-reinha)