Serangga Akan Menjadi Menu Makanan Di Eropa

Serangga Akan Menjadi Menu Makanan Di Eropa

Kim Kyung-Hoon / Reuters

REINHA.com  – Camilan berbasis serangga diperkirakan akan berkembang dipasar Eropa setelah peraturan pangan baru berlaku di bulan ini, dimana menu serangga akan mendapatkan posisi dipasar Eropa.

Diperkirakan setidaknya 2 miliar orang di planet ini, menggabungkan serangga ke dalam makanan mereka. Namun, Eropa masih dalam tahap yang baru dalam hal memakan makhluk seperti jangkrik, cacing, dan semut.

Undang-undang Uni Eropa yang diperbarui memperluas kategori makanan yang tidak banyak dimakan di Eropa sebelum tahun 1997 mereka memasukkan bagian serangga, seperti sayap atau kaki, dan juga seluruh hewan dalam kategori yang tidak bisa dimakan.

(Baca juga: 3 Makanan Sehat Ini Ternyata Membuat Gemuk)

Undang-undang tersebut menyederhanakan proses perusahaan inovatif untuk memasuki pasar dan tidak dipersulit dengan sistim.

“Prosedur otorisasi lebih efisien dan aman, makanan inovatif dapat diantarkan ke pasar lebih cepat dan tanpa hambatan perdagangan yang diperlukan, sambil memastikan tingkat keamanan pangan yang tinggi,” sebuah pernyataan dari Komisi Eropa.

“Peraturan baru ini menciptakan sistem otorisasi terpusat, memberi kepastian, kesederhanaan, dan kecepatan yang lebih tinggi kepada pemohon selama proses otorisasi.”

Pembaruan ini juga membuat daftar makanan baru bisa masuk langsung ke rak-rak toko. Setiap perusahaan yang memenuhi persyaratan dan persyaratan pelabelan yang ditetapkan oleh Otoritas Keamanan Pangan Eropa dapat menempatkan produk yang diotorisasi untuk dijual.

Makhluk seperti larva dan jangkrik bisa menjadi komoditas populer di Eropa, dengan sejumlah peternakan serangga yang sudah beroperasi di dalam blok perdagangan.

Serangga telah diidentifikasi sebagai menu sehat dalam perang melawan kelangkaan makanan. Dalam laporan tahun 2013, Organisasi Pangan dan Pertanian PBB menyoroti persepsi bahwa memakan serangga dianggap primitif sebagai alasan mengapa hal itu kurang populer di negara-negara Barat.

# Serangga Akan Menjadi Menu Makanan Di Eropa (jmw-reinha)

Share thisShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0