BERITABerita Dunia

Sungai Seine Meluap, Paris Bersiap Hadapi Banjir Besar

Sungai Seine Meluap, Paris Bersiap Hadapi Banjir Besar

Sungai Seine Meluap, Paris Bersiap Hadapi Banjir Besar
Patung Zouave terendam air / BBC

REINHA.com – Ketinggian air di sungai Seine, Pont de l’Alma, Paris, terus meningkat dan diperkirakan akan semakin meninggi di akhir pekan ini. Pemerintah setempat telah mengumumkan status waspada kepada seluruh warga dan menutup sejumlah tempat umum yang ramai pengunjung.

Ketinggian sungai Seine ditandai oleh patung tentara Krimea, yang dikenal sebagai Zouave. Pada hari Jumat, 26 Januari 2018, air menggenang hingga setinggi paha tengah patung Zouave. Ketinggian yang mengharuskan warga waspada meski tidak setinggi luapan sungai di tahun 1910.

Di tahun 1910, saat Paris mengalami kondisi serupa, air menggenang sampai ke bagian leher patung Zouave dan membuat Paris terendam banjir selama dua bulan.

Wali Kota Paris, Anne Hidalgo, mengatakan bahwa ketinggian air diprediksi masih akan terus meningkat. Saat ini ketinggian air mencapai 5,6 meter, hingga akhir pekan ini ketinggian air diperkirakan akan mencapai 6 meter.

(Baca juga: 1.000 Mobil Terbakar Saat Malam Tahun Baru Di Perancis)

Menyusul hujan besar yang mengguyur Paris dalam beberapa hari belakangan ini, banyak jalan di wilayah tersebut sudah tergenang air. Layanan kereta komuter yang biasanya sibuk penumpang telah ditutup sampai minggu depan.

Sementara itu Museum Louvre juga telah menutup lantai bawah museum yang memamerkan benda seni Islam. Manajemen museum mengatakan bahwa mereka telah belajar dari bencana banjir yang terjadi dua tahun yang lalu. Saat itu, staf museum harus memindahkan sekitar 35.000 karya seni dari ruang pameran di bawah tanah.

“Kami telah membungkus sebagian besar karya agar cepat ketika dipindahkan. Selain itu, staf kami juga telah menerima pelatihan tentang pemindahan koleksi jika terjadi banjir,” ucap juru bicara museum.

Pemerintah setempat juga telah mengumumkan evakuasi bagi warga yang tinggal di sekitar sungai Seine dan di kawasan lain yang rawan banjir. Hampir 400 orang telah dievakuasi sejak tiga hari yang lalu.

# Sungai Seine Meluap, Paris Bersiap Hadapi Banjir Besar (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.