BERITABerita Dunia

Tanah Longsor Di California Tewaskan Sedikitnya 13 Orang

Tanah Longsor Di California Tewaskan Sedikitnya 13 Orang

Tanah Longsor Di California Tewaskan Sedikitnya 13 Orang
TWITTER/ @ELIASONMIKE

REINHA.com – Cuaca buruk mengakibatkan hujan lebat memicu banjir dan tanah longsor di California Selatan. Sedikitnya 13 orang tewas tertimpa longsor lumpur setinggi pinggang. Sebanyak 163 orang yang mengalami luka-luka dibawa ke rumah sakit.

Banjir dan tanah longsor mempengaruhi daerah yang hangus akibat kebakaran hutan bulan lalu. Luapan air menutupi lebih dari 30 mil (48 km) jalan raya pesisir utama. Sebanyak 300 orang dilaporkan terjebak di Romero Canyon, sebelah timur Santa Barbara.

Polisi setempat mengatakan bahwa adegan setelah bencana besar itu tampak seperti medan perang Perang Dunia Pertama. Ribuan orang melarikan diri dari banjir dan lebih dari 50 penyelamatan telah dilakukan. Beberapa jalan ditutup karena tanah longsor dan puing-puing, termasuk jalan raya utama Highway 101.

Layanan darurat mengatakan sejumlah orang tidak diketahui keberadaannya dan mereka memperkirakan jumlah korban tewas masih akan meningkat.

“Rumah yang terkena dampak paling parah adalah rumah-rumah yang tidak berada di zona evakuasi” kata pejabat setempat.

(Baca juga: Badai Bom Siklon Tewaskan 22 Orang Di Amerika Serikat)

Hujan lebat menyebabkan semburan lumpur di komunitas Montecito. Batu-batu seukuran mobil kecil bergulir menuruni lereng bukit dan menghalangi jalan.

Di antara mereka yang dibawa oleh tim penyelamat adalah seorang gadis berusia 14 tahun yang telah terjebak berjam-jam di reruntuhan rumahnya. Petugas pemadam kebakaran menerbitkan gambar gadis yang terbungkus lumpur saat ia menuju ke tempat yang aman.

Kapten Api County Dave Zaniboni mengatakan bahwa lima orang ditemukan tewas pada hari Selasa di Montecito dan mungkin telah terbunuh akibat badai tersebut.

Lingkungan kelas atas termasuk rumah yang dimiliki oleh selebriti seperti aktor Rob Lowe dan pembawa acara obrolan Ellen DeGeneres, juga terkena dampak badai. Oprah Winfrey juga memiliki properti di Montecito yang kabarnya bernilai hampir $ 90m (£ 66m).

Ribuan warga California diminta untuk mengungsi pada hari Senin untuk kedua kalinya dalam dua bulan. Di Burbank, di mana gelombang lumpur menyapu kendaraan, pejabat mengeluarkan perintah evakuasi wajib.

# Tanah Longsor Di California Tewaskan Sedikitnya 13 Orang (rsn-reinha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.