Apple Hapus Aplikasi Telegram Dari App Store

Apple Hapus Aplikasi Telegram Dari App Store

@Getty Images

REINHA.com – Aplikasi resmi Telegram telah dihapus dari toko aplikasi milik Apple, App Store. Telegram dituduh telah membuat konten yang tidak pantas bagi pengunanya.

Penghapusan terjadi tidak lama setelah aplikasi pengirim pesan tersebut meluncurkan versi baru Telegram X Eksperimental yang belum sepenuhnya selesai.

(Baca juga: Ford Berencana Hadirkan Mobil Listrik Di Tahun 2022)

Menurut situs berita teknologi TechCrunch, aplikasi tersebut telah melangar pedoman Apple yang mengharuskan semua aplikasi untuk memfilter dan memblokir sistem serta cara agar konten yang tidak pantas dihapus dengan cepat.

“Begitu kami memiliki perlindungan, kami berharap aplikasi kami bisa kembali ke App Store,” kata pendiri Telegram, Pavel Durov.

Sebelumnya Telegram juga telah dikritik oleh beberapa pemerintah karena menggunakan enkripsi end-to-end yang melindungi komunikasi antar pengguna.

Beberapa lembaga penegak hukum juga telah mengeluhkan teknik pengacakan data ini sehingga sulit untuk menyelidiki beberapa kasus yang kompleks.

Namun awal pekan ini, mantan reviewer independen undang-undang terorisme untuk pemerintah Inggris, David Anderson, menyebut teknologi tersebut sebagai “fakta kehidupan yang diinginkan”.

“Ini memang membuat beberapa aspek penyelidikan lebih sulit, namun hal ini diimbangi dengan banyaknya informasi yang tersedia dari sumber lain yang umumnya kurang terlindungi” ucap David Anderson.

# Apple Hapus Aplikasi Telegram Dari App Store

Share thisShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0