Terkesan Dengan Olimpiade Pyeongchang, Kim Jong-un Ucapkan Terima Kasih

Terkesan Dengan Olimpiade Pyeongchang, Kim Jong-un Ucapkan Terima Kasih

KCNA

REINHA.com – Olimpiade Musim Dingin tahun ini tidak hanya memberikan kesan istimewa bagi negara-negara peserta, tapi juga bagi pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Kim menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Korea Selatan yang telah memprioritaskan kunjungan mereka ke Pyeongchang.

Disampaikan melalui media resmi pemerintah Korea Utara KCNA, Kim berterima kasih kepada Korea Selatan karena telah menerima kunjungan delegasi Korea Utara dengan sangat baik, bahkan memprioritaskan kepentingan delegasi.

“Setelah menerima laporan dari delegasi tersebut, Kim Jong-un mengungkapkan kepuasannya” KCNA melaporkan.

Dikatakan bahwa Kim terkesan dengan Korea Selatan yang secara khusus memprioritaskan kunjungan delegasi Korea Utara, dan mengucapkan terima kasih untuk mereka.

Pimpinan Korea Utara tersebut juga menyarankan untuk lebih jauh menghidupkan iklim rekonsiliasi dan dialog hangat antara kedua negara Korea. Kim Jong-un telah memberikan intruksi penting untuk melakukan hal tersebut.

(Baca juga: Sambut Olimpiade Musim Dingin, Korea Utara Gelar Parade Militer)

Sebelumnya, keikutsertaan Korea Utara dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang dipandang sebagai pemanasan suasana politik yang signifikan. Ada juga kekhawatiran bahwa Korea Selatan telah membiarkan Korea Utara meraih kemenangan propaganda.

Kehadiran Kim di Olimpiade Musim Dingin telah banyak dikritik, karena dia masih berada dalam daftar sanksi Amerika Serikat atas dugaan hubungan dengan pelanggaran hak asasi manusia di Korea Utara.

Kedua Korea belum menandatangani perjanjian damai untuk secara resmi mengakhiri Perang Korea, dan dalam keadaan saling tidak percaya terus-menerus. Namun, dalam pertanda lebih lanjut tentang hubungan yang membaik, pada hari Sabtu lalu Kim mengundang Presiden Korea Selatan Moon Jae-in ke Pyongyang.

# Terkesan Dengan Olimpiade Pyeongchang, Kim Jong-un Ucapkan Terima Kasih (rsn-reinha)

Share thisShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+0