BERITABerita Dunia

ISIS Unggah Video Penyergapan Terhadap Tentara Amerika Di Niger

ISIS Unggah Video Penyergapan Terhadap Tentara Amerika Di Niger

ISIS Unggah Video Penyergapan Terhadap Tentara Amerika Di Niger
Pasukan Khusus AS melatih pasukan Nigerien, Maret 2014 © Joe Penney / Reuters

REINHA.com – Misi militer Amerika Serikat di Niger menjadi sorotan, setelah ISIS merilis sebuah video penyergapan mereka pada bulan Oktober 2017, dimana dalam penyergapan tersebut empat orang tentara Amerika tewas.

Kurang lebih empat anggota militer AS tewas dan empat lainya terluka saat patroli yang dilakukan pasukan AS pada bulan Oktober 2017. Pasukan patroli ini disergap oleh gerilyawan Islamic State (IS, sebelumnya ISIS) di luar Tongo Tongo, dekat perbatasan dengan Mali.

(Baca juga: Tarif Impor Baja Trump Timbulkan Kekhawatiran Bagi Partai Republik)

Hal ini bertolak belakang dengan klaim AS bahwa unit yang disergap sedang melakukan patroli rutin, dalam laporan tersebut menyebutkan bahwa mereka pergi untuk mencari Doundou Chefou, AP melaporkan pada hari Selasa, mengutip sumber anonim yang mengetahui isi laporan tersebut.

Insiden tersebut mengungkap kehadiran pasukan AS di negara Afrika Barat, dimana terjadi perselisihan antara seorang wanita Kongres Florida dan Presiden Donald Trump atas permintaan belas kasihannya kepada janda salah satu tentara yang terbunuh.

Pada hari Minggu ISIS memposting sebuah video dari penyergapan, diambil dari kamera helm salah satu tentara yang terbunuh. Video tersebut menunjukan serangan yang terjadi dan kematian dua tentara lainnya dimana salah satu dari mereka ditembak berulang kali dari jarak dekat.

SOFREP mengatakan bahwa pihaknya memposting “berita terpercaya dari veteran Spec Ops,” mereka juga menerbitkan video tersebut. Banyak veteran mengecam keputusan situs tersebut untuk mempublikasikan video tersebut. Namun, yang lainnya membenarkan hal tersebut sebagai upaya untuk mencapai kebenaran tentang penyergapan tersebut.

Pentagon menolak untuk mengomentari keaslian video tersebut, namun mengatakan bahwa pihaknya “kembali mengorbankan keluarga yang terkena dampak, memperkuat kekejaman dan bantuan IS dalam rekrutmen mereka.”

Editor SOFREP Jack Murphy mengemukakan sebuah artikel penjelasan.

“Penyergapan di Niger merupakan bagian dari propaganda seperti juga peristiwa di Yordania dan Benghazi. Rekaman cam helm adalah bukti kuat, yang menggambarkan kejadian faktual, “tulis Murphy.

IS mencoba mengendalikan narasi dengan menggunakannya untuk propaganda, tulisnya, jadi SOFREP “melepaskan aspek propaganda dari video dan memasukkannya ke dalam konteks yang tepat sebagai video yang membuktikan bahwa tentara Pasukan Khusus AS bertempur dan mati dengan berani pada hari itu.”

Niger adalah negara berpenduduk lebih dari 20 juta, terletak di tepi selatan gurun Sahara antara Mali dan Chad, utara Nigeria dan selatan Libya.

# ISIS Unggah Video Penyergapan Terhadap Tentara Amerika Di Niger

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.