Dirjen PSLB3: Info Produk Semen Tercemar Limbah B3 Hoax

Dirjen PSLB3: Info Produk Semen Tercemar Limbah B3 Hoax

Rosa Vivien Ratnawati – Kementrian LHK

REINHA.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) mengatakan bahwa pemusnaan limbah medis dari fasilitas pelayanan kesehatan aman bagi masyarakat. Hal ini ditegaskan Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati.

Vivien mengatakan penanganan Limbah medis di industri aman bagi masyarakat karena Tanur pada pabrik semen memiliki suhu pembakaran sekitar 1.400-2.000 derajat celcius, dan mampu membunuh kuman sehingga mencegah penyebaran penyakit.”

(Baca juga: Puji Kemampuan Berbahasa Rusia Fadli Zon, Media Rusia Katakan Katyusha Bukan Lagu Komunis)

Penegasan ini disampaikan oleh Dirjen PSLB3 KLHK karena adanya sebaran pemberitaan palsu atau informasi yang tidak benar atau hoax yang mengatasnamakan Layanan konsumen BSW yang menyatakan produk semen tercemar limbah B3.

Pemusnahan limbah medis tanur semen sudah diakui secara internasional seperti yang tercantum dalam Technical Note Basel Convention. Konvensi Basel adalah konvensi yang diprakarsai oleh PBB terkait dengan ketentuan pengelolaan limbah B3.

Jadi tidak benar, bila kerjasama ini akan menimbulkan masalah atau penyebaran penyakit kepada masyarakat, justru dengan upaya ini penanganan limbah medis menjadi lebih efektif dan aman bagi lingkungan.

# Dirjen PSLB3: Info Produk Semen Tercemar Limbah B3 Hoax (jmw-reinha)