GOPAC Luncurkan Buku Panduan, Fadli Zon Katakan Ke KPK Penataan Keuangan Parpol Penting

GOPAC Luncurkan Buku Panduan, Fadli Zon Katakan Ke KPK Penataan Keuangan Parpol Penting

Fadli Zon – Agus Raharjo

REINHA.com – Global Organization of Parliamentarians Against Corruption (GOPAC) hari ini Senin (23/04) meluncurkan Buku Panduan Peran Parlemen dalam Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan Hasil Tinjauan Implementasi UNCAC (United Nation Convention Againts Corruption) di Ruang Rapat Delegasi, Gd. Nusantara III Lt. 2 DPR RI.

Presiden GOPAC Fadli Zon, menegaskan anggota parlemen memiliki andil penting dalam mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) dan implementasi UNCAC.

(Baca juga: Hasil Polling Fadli Zon Kebalikan Dari Survei Litbang Kompas)

Fadli Zon mengatakan salah satu fokus utama GOPAC adalah untuk mengembangkan perangkat praktis untuk anggota parlemen dalam upaya pemberantasan korupsi, yang menjadi salah satu target SDGs. Buku panduan yang diluncurkan hari ini adalah salah satunya.

Handbook tersebut merupakan hasil kerja sama GOPAC dgn UNDP dan Islamic Development Bank. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2016 dalam bahasa Inggris, Perancis, Arab, dan Spanyol.

Dalam kesempatan ini, GOPAC kembali meluncurkan dalam versi bahasa Indonesia. Harapannya buku panduan ini dapat menjadi rujukan para anggota DPR RI dalam mendorong pencapaian target SDGs 2030.

Sejak peluncuran perdana di 2016, buku panduan ini telah diujikan dan dikembangkan melalui workshop yg diselenggarakan di Jakarta. Workshop ini dihadiri oleh anggota GOPAC dari parlemen negara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan, serta lembaga pemerintah.

Buku tersebut juga telah diperkenalkan dalam beberapa forum internasional. Termasuk di Konferensi Parlemen Global yang diadakan oleh World Bank dan IMF pada April 2017; serta dalam Forum Parlemen Dunia di Nusa Dua pada September 2017.

Hingga saat ini, upaya sosialisasi terus berlangsung. Melalui workshop ini, diharapkan buku panduan dalam versi Bahasa Indonesia dapat tersosialisasikan degan baik kepada seluruh anggota DPR RI, kata Fadli Zon.

Selain itu GOPAC juga memiliki fokus mendorong implementasi efektifitas UNCAC. Keterlibatan GOPAC sudah dimulai sejak 2003. Ditandai degan keikutsertaan pada penandatanganan konvensi tersebut di Merida, Meksiko.

GOPAC juga menyelenggarakan Konferensi Global di Arusha, Tanzania pada 2006, dan Conference of State Parties (CoSP) for UNCAC di Kantor Pusat PBB, Wina, Austria pada 2017.

Di hadapan Ketua KPK RI, Agus Raharjo, Fadli Zon menyampaikan pentingnya mendorong implementasi UNCAC dan pentingnya penataan keuangan partai politik di Indonesia.

Kita salah satu negara demokrasi terbesar. Namun penataan keuangan partai politik kita masih lemah. Padahal, selain akan memperkuat perkembangan demokrasi, penataan keuangan partai politik sangat penting dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia, ungkap Fadli.

Saat ini GOPAC telah memiliki jaringan di 5 kawasan yaitu Arab, Afrika, Amerika Latin, Asia Tenggara, dan Oseania, serta terbagi dalam 62 National Chapter dengan jumlah keanggotaan lebih dari 1000 orang.

# GOPAC Luncurkan Buku Panduan, Fadli Zon Katakan Ke KPK Penataan Keuangan Parpol Penting