Ilmuwan Pecahkan Teka-teki Aroma Telur Busuk Di Planet Uranus

Ilmuwan Pecahkan Teka-teki Aroma Telur Busuk Di Planet Uranus

Uranus / www.sciencenews.org

REINHA.com – Planet Uranus dikelilingi atmosfer yang memiliki aroma menyengat seperti aroma telur busuk. Hal tersebut telah lama menjadi perdebatan para ilmuwan. Namun kini para ilmuwan telah mengetahui kandungan gas yang menciptakan aroma telur busuk tersebut.

Para ilmuwan telah berkali-kali melakukan pengamatan dan penelitian terhadap atmosfer planet Uranus, namun selama ini belum membuahkan hasil.

Bahkan pengamatan sebelumnya dengan menggunakan teleskop darat dan wahana Voyager 2, masih tidak dapat menemukan komposisi atmosfer planet Uranus dengan jelas.

Kali ini para ilmuwan berhasil dalam pencarian menggunakan instrument Near-Infrared Integral Field Spectrometer (NIFS) pada teleskop Gemini Utara di puncak Mauna Kea, Hawaii.

Penelitian yang hasilnya telah dipublikasikan di jurnal Nature Astronomy menyebutkan bahwa gas beraroma busuk tersebut terdiri dari hidrogen sulfida, gas yang memberi aroma tidak enak pada telur busuk.

Para ilmuwan telah lama bertanya-tanya akan adanya kemungkinan gas hidrogen sulfida atau ammonia mendominasi dek awan yang mengelilingi planet raksasa tersebut.

(Baca juga: NASA Temukan Tata Surya Dengan Delapan Planet)

Pengukuran spektroskopi memecah cahaya inframerah dari Uranus ke dalam panjang gelombang komponennya. Band dalam spektrum yang dihasilkan dikenal sebagai garis absorpsi, di mana gas menyerap cahaya inframerah yang berasal dari Matahari, memungkinkan para ilmuwan untuk mendapatkan komponen “sidik jari” dari atmosfer Uranus.

“Sekarang, berkat data penyerapan sulfida hidrogen yang disempurnakan dan spektrum Gemini yang luar biasa, kami memiliki sidik jari yang dapat menangkap pelakunya,” kata rekan penulis Patrick Irwin, dari Universitas Oxford.

Komposisi hidrogen sulfida yang tinggi di dek awan Uranus, terlihat kontras dengan planet dengan gas yang sama seperti Jupiter dan Saturnus. Sebagian besar awan di Jupiter dan Saturnus terdiri dari es amonia. Para peneliti mengatakan perbedaan komposisi atmosfer ini menjelaskan pertanyaan tentang pembentukan dan sejarah planet.

Rekan penulis Dr Leigh Fletcher, dari Universitas Leicester, mengatakan bahwa perbedaan-perbedaan ini mungkin terpatri di awal sejarah planet-planet ini. Dia menjelaskan bahwa keseimbangan antara gas yang berbeda di atmosfer planet-planet ini mungkin ditentukan oleh kondisi di mana mereka terbentuk di Tata Surya awal.

# Ilmuwan Pecahkan Teka-teki Aroma Telur Busuk Di Planet Uranus (rsn-reinha)