Mahasiswi Ciptakan Gelang Pencegah Serangan Seksual

Mahasiswi Ciptakan Gelang Pencegah Serangan Seksual

Jayun Patel / UAB

REINHA.com – Seorang mahasiswa master di Universitas Alabama, Amerika Serikat, telah mengembangkan perangkat yang tidak biasa untuk mencegah terjadinya serangan seksual. Wanita bernama Jayun Patel itu, mendesain gelang yang dapat memberi sinyal kepada polisi jika pemakainya diserang.

Perhiasan pintar ini dapat merasakan jika ada serangan terhadap orang yang memakainya. Hebatnya, pengguna tidak perlu menekan tombol apapun dan gelang tersebut akan secara otomatis memberi tahu polisi bahwa pemakai gelang dalam kondisi bahaya.

Perangkat bekerja dengan cara memonitor tanda-tanda vital pemakai dan dapat menangkap perubahan yang menandakan pemakai sedang diserang.

(Baca juga: Robot Ini Dapat Pecahkan Teka-teki Rubik Dalam 0,38 Detik)

Gelang yang saat ini masih berbentuk prototipe itu menggunakan teknologi yang dapat mengirimkan otoritas koordinat pemakainya kepada petugas keamanan. Polisi yang menerima sinyal bahaya tersebut dapat langsung mendatangi lokasi di mana korban mengalami serangan dan dapat mencegah serangan berlanjut.

Selain itu, gelang tersebut juga akan mengeluarkan alarm keras dan dilengkapi dengan lampu strobo merah yang dimaksudkan untuk menakut-nakuti penyerang atau mendapatkan perhatian orang lain di sekitarnya.

Biaya pembuatan prototipe gelang disebutkan hanya $ 40, dan harga kemungkinan akan turun jika diproduksi secara massal.

Tim pengembang, Associate Professor Dr Ragib Hasan dan Jayun Patel, berharap bahwa alat ini dapat mencegah serangan seksual, yang sangat umum terjadi di kampus-kampus seperti kampus mereka.

# Mahasiswi Ciptakan Gelang Pencegah Serangan Seksual (rsn-reinha)