BERITABerita Dunia

OPCW Kumpulkan Sampel Penggunaan Senjata Kimia Di Douma Suriah

OPCW Kumpulkan Sampel Penggunaan Senjata Kimia Di Douma Suriah

OPCW Kumpulkan Sampel Penggunaan Senjata Kimia Di Douma Suriah
OPCW – AFP

REINHA.com – Misi Pencari Fakta (FFM) dikerahkan ke Damaskus pada 14 April 2018 untuk mengumpulkan fakta sehubungan dengan penggunaan senjata kimia yang dilaporkan terjadi di Douma, Suriah pada 7 April 2018.

Dari press release, OPCW mengatakan, pengaturan keamanan untuk penempatan tim ke berbagai lokasi di Douma dibuat oleh Departemen Keselamatan dan Keamanan PBB (UNDSS) sebagai penghubung dengan pihak berwenang Suriah dan Polisi Militer Rusia. Karena situasi keamanan, tim hanya dapat mengunjungi Douma pada 21 April. Tim juga mewawancarai beberapa orang yang terkait dengan insiden Douma, yang dibawa ke Damaskus.

(Baca juga: Bobol Konsulat Rusia, Amerika Klaim Konsulat Digunakan Untuk Spionase)

Beberapa waktu lalu tim FFM melakukan kunjungan ke lokasi kedua di Douma. Itu juga untuk mengumpulkan sampel di daerah yang dinyatakan sebagai tempat terjadinya serangan kimia tersebut. Sampel-sampel ini akan dibawa kembali, bersama dengan sampel lain, ke laboratorium OPCW di Rijswik. Mereka akan di analisis oleh laboratorium yang ditunjuk OPCW.

Sekretariat Teknis OPCW diberitahu oleh delegasi Rusia bahwa akan diadakan pengarahan untuk Para Pihak Negara di Den Haag pada 26 April. Delegasi itu akan membawa beberapa warga Suriah untuk berbicara tentang insiden di Douma.

Sejalan dengan permintaan sebelumnya dari Direktur Jenderal OPCW kepada Pihak Negara untuk berbagi informasi tentang insiden Douma, Sekretariat menyarankan delegasi Rusia, agar orang-orang ini diwawancarai terlebih dahulu oleh FFM. Juga disarankan agar pengarahan seperti itu dilakukan begitu FFM telah menyelesaikan pekerjaannya.

Delegasi Rusia menyatakan bahwa mereka akan melanjutkan dengan pengarahan dan bahwa niatnya tidak untuk mengganggu kerja FFM.

FFM akan terus menjalankan misinya yang independen dan tidak memihak, berdasarkan wawancara dengan orang-orang yang relevan, temuannya dari kunjungan lapangan, analisis hasil sampel, serta informasi dan materi lainnya yang dikumpulkan.

# OPCW Kumpulkan Sampel Penggunaan Senjata Kimia Di Douma Suriah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.