Partai Bajak Laut Islandia: Facebook Menjual Anda, Anda Adalah Produk

Partai Bajak Laut Islandia: Facebook Menjual Anda, Anda Adalah Produk

Facebook

REINHA.com – Salah satu pendiri Partai Bajak Laut Islandia, mengatakan ada masalah besar terkait dengan penjualan data Facebook, dimana dirinya menekankan bahwa raksasa media sosial tersebut memperlakukan penggunanya sebagai produk.

“Anda memiliki perusahaan yang dipaksa, dan mereka sangat besar, mereka dipaksa untuk memberikan data pemerintah dan mereka juga menjual data, atau seperti yang anda tahu mereka tidak menjual data – mereka menjual anda. Anda adalah produk, “kata Birgitta Jonsdottir salah satu pendiri Partai Bajak Laut Islandia, seperti yang dikutip dari RT.

“Ketika anda tidak menyadari bagaimana hal-hal ini bekerja dan kerana mereka begitu besar sehingga mereka bahkan tidak dapat mengendalikan diri, maka anda memiliki masalah besar,” katanya, menambahkan bahwa itu adalah “kebohongan lengkap” kapan saja CEO Facebook Mark Zuckerberg dapat mengatakan bahwa pengguna dapat mengendalikan apa yang mereka lakukan di situs.

(Baca juga: Skandal Bocornya Data Facebook, Begini Penjelasan Zuckerberg Kepada Para Senator)

Pernyataan itu datang di tengah skandal Cambridge Analytica yang mengungkapkan bahwa perusahaan analisis telah memperoleh data 87 juta pengguna Facebook melalui aplikasi pihak ketiga. Skandal privasi lebih lanjut di Facebook telah dilaporkan sejak peristiwa itu. Awal bulan ini, Zuckerberg dibuat untuk berbicara dengan dewan kongres tentang pengumpulan data perusahaan dan praktik sensornya.

The Cambridge Analytica mendorong hashtag #DeleteFacebook untuk tren di Twitter, dimana para selebriti dan netizen terlibat dalam aksi tersebut. Pendiri bersama Apple, Steve Wozniak, juga baru saja bergabung dalam aksi itu.

Sementara itu, Mozilla mengumumkan bulan lalu bahwa akan menghentikan iklannya di Facebook sampai situs itu memperkuat kebijakannya pada data pengguna, sementara Elon Musk juga menghapus profil Facebook dari perusahaannya Tesla dan SpaceX.

# Partai Bajak Laut Islandia: Facebook Menjual Anda, Anda Adalah Produk