Pertama Di China, Alibaba Membuka Vending Machine Penjual Mobil

Pertama Di China, Alibaba Membuka Vending Machine Penjual Mobil

Car vending machine @ reuters

REINHA.com – Vending machine atau mesin penjual otomatis umumnya digunakan untuk menjual minuman atau makanan ringan di tempat-tempat ramai tanpa harus menggunakan pekerja manusia. Namun beberapa tahun belakangan ini para pengusaha dunia mulai menggunakan vending machine untuk menjual mobil mewah.

Produsen mobil mewah Amerika Serikat, Ford, menggandeng perusahaan raksasa e-commerce China, Alibaba Group, untuk membuka vending machine penjual mobil pertama di China.

Vending machine berupa bangunan lima lantai yang memuat 42 mobil mewah berbagai model, termasuk Ford Explorer SUV dan Mustang. Mesin penjual otomatis akan dibuka untuk umum mulai 23 April dan calon pembeli akan diperbolehkan test drive selama tiga hari sebelum mereka membeli.

Calon pembeli dapat memilih mobil yang diinginkan di aplikasi Tmall atau Mobile Taobao. Pembeli juga dapat menscan mobil yang melintas dijalan dengan menggunakan aplikasi tersebut, dan secara otomatis tipe mobil akan muncul di aplikasi.

(Baca juga: Jack Ma Kembali Dinobatkan Sebagai Orang Terkaya Di Asia)

Calon pembeli kemudian dapat membuat jadwal untuk test drive dengan cara mengisi data singkat calon pembeli beserta foto selfie dan memilih waktu test drive yang diinginkan. Setelah itu calon pembeli hanya perlu datang ke lokasi vending machine di Guangzhou sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Layar di depan vending machine akan menscan wajah calon pembeli untuk dicocokkan dengan data yang telah masuk. Dengan cepat vending machine akan mengeluarkan mobil yang diinginkan, dan pembeli dapat segera mencoba mobil tersebut. Pembeli dapat mengambil mobil lain jika mereka tidak puas dengan pilihan mereka.

Menurut manajer umum kendaraan di Tmall Auto, Gu Wanguo, “Pendaftaran sepenuhnya dilakukan secara mobile pada Tmall atau Taobao mobile APP”.

“Setelah kendaraan Ford dipilih, konsumen mengambil foto selfie untuk memastikan mereka adalah satu-satunya orang yang dapat mengambil mobil, meletakkan deposit secara elektronik, dan menjadwalkan waktu pengambilan, semua dari dalam aplikasi” ucap Gu Wanguo.

# Pertama Di China, Alibaba Membuka Vending Machine Penjual Mobil (rsn-reinha)