Resolusi Rusia Untuk Menyerukan Penghentian Agresi Terhadap Suriah Ditolak PBB

Resolusi Rusia Untuk Menyerukan Penghentian Agresi Terhadap Suriah Ditolak PBB

Eduardo Munoz/Reuters

REINHA.com – Sebuah rancangan resolusi oleh Rusia, yang menyerukan penghentian agresi terhadap Suriah, ditolak oleh Dewan Keamanan PBB, karena kurangnya dukungan selama pemungutan suara. Resolusi itu hanya didukung oleh Rusia, China dan Bolivia.

Rancangan resolusi Rusia tersebut, mendesak AS dan sekutunya untuk segera melakukan penundaan agresi terhadap Suriah, dan menahan diri dari tindakan agresif lebih lanjut yang melanggar hukum internasional dan piagam PBB.

(Baca juga: Suriah Digempur Barat, Fadli Zon Nyanyikan Lagu Rusia Katyusha Untuk Putin)

Draft ini juga menunjukkan bahwa agresi tersebut terjadi pada saat Organisasi Pelarangan Tim Pencari Fakta Senjata Kimia (OPCW), baru saja memulai pekerjaannya untuk mengumpulkan bukti dugaan penggunaan senjata kimia di Douma. Dimana kondisi yang stabil dan aman perlu disediakan untuk para ahli OPCW dalam melakukan pekerjaan mereka dengan benar.

Draft Rusia tersebut didukung oleh tiga negara: Rusia sendiri, Bolivia dan China. Delapan negara, termasuk AS, Inggris dan Perancis, yang melakukan serangan rudal terhadap Suriah, memilih ‘tidak’, dengan empat negara lain tidak melakukan tindakan.

(Baca juga: Putin: Serangan Terhadap Suriah, Bukti Amerika Berkomplot Dengan Teroris)

Pada jam-jam awal di Sabtu pagi, Washington dan sekutunya menembakan lebih dari 100 rudal ke fasilitas sipil dan militer di Suriah sebagai tanggapan atas dugaan serangan gas di Douma pada 7 April. Dimana Barat telah menyalahkan pemerintah Bashar Assad.

Pentagon memuji pemboman itu sebagai sebuah keberhasilan, mengatakan bahwa tiga tempat yang diklaim digunakan untuk memproduksi senjata kimia dihancurkan.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa sistem pertahanan udara Suriah mencegat 71 rudal jelajah dan rudal udara yang ditembakkan oleh sekutu pimpinan AS. Damaskus dan Moskow sebelumnya telah membantah tuduhan serangan kimia itu, dengan mengatakan bahwa semua itu adalah rekayasa.

# Resolusi Rusia Untuk Menyerukan Penghentian Agresi Terhadap Suriah Ditolak PBB (jmw-reinha)