Aplikasi Ini Memungkinkan Dokter Melihat Pasien Sebelum Mengirimkan Ambulans

Aplikasi Ini Memungkinkan Dokter Melihat Pasien Sebelum Mengirimkan Ambulans

GoodSam

REINHA.com – Pasien yang mengalami kondisi darurat dan menghubungi layanan ambulans terkadang tidak dapat tertolong karena kurangnya informasi mengenai pasien yang menyebabkan minimnya persiapan dari petugas medis. Namun sekarang sebuah aplikasi berbasis smartphone diciptakan untuk mengatasi kendala tersebut.

Sebuah aplikasi smartphone terbaru memungkinkan petugas medis layanan ambulans untuk melihat kondisi pasien sebelum petugas berangkat ke lokasi penjemputan pasien. Dengan aplikasi ini petugas dapat menilai seberapa serius penyakit yang dialami pasien tersebut.

Aplikasi bernama GoodSaam ini bekerja dengan cara mengirimkan tautan ke ponsel yang melakukan panggilan darurat. Tautan tersebut akan membuka streaming langsung yang menghubungkan petugas medis dengan pasien.

Teknologi tersebut saat ini telah diujicoba di dua wilayah di Inggris, yaitu di Kent, Surrey and Sussex Air Ambulance dan Great North Air Ambulance Service. Ujicoba telah berjalan dua bulan dan sejauh ini hasilnya cukup menjanjikan.

(Baca juga: Mahasiswi Ciptakan Gelang Pencegah Serangan Seksual)

Prof Richard Lyon, direktur medis asosiasi Kent, Surrey and Sussex Air Ambulance, mengatakan bahwa aplikasi ini memberikan banyak perubahan dalam proses layanan ambulans.

“Waktu sangat penting dalam menyelamatkan hidup seseorang atau mengurangi kecacatan jangka panjang, dan seringkali kita memiliki informasi terbatas dari para pengamat tentang luka pasien atau jika ada pasien ganda untuk membuat keputusan”

“Mampu melihat lokasi kejadian, tidak hanya pasien, tetapi berapa banyak mobil yang terlibat misalnya, dapat membantu kami memutuskan sumber daya tambahan apa yang mungkin perlu kami kirim, menilai siapa yang mungkin perlu kami perlakukan lebih dulu atau obat apa yang perlu kami berikan” ucap Prof Richard.

Prof Mark Wilson, direktur medis perusahaan yang membuat aplikasi itu, mengatakan mereka belum memiliki data yang keras mengenai hasil ujicoba aplikasi tersebut. Namun, dia mengatakan bahwa memberi dokter kesempatan untuk melihat luka bakar seseorang, misalnya, akan memungkinkan mereka melakukan penilaian awal.

Saat ini belum ada rencana untuk memperluas layanan di Inggris, tetapi diskusi sedang dilakukan untuk menguji coba teknologi di lokasi terpencil seperti di Afrika, di mana layanan darurat saat ini membutuhkan waktu berjam-jam.

# Aplikasi Ini Memungkinkan Dokter Melihat Pasien Sebelum Mengirimkan Ambulans (rsn-reinha)