NASA Akan Mengirimkan Helikopter Ke Mars

NASA Akan Mengirimkan Helikopter Ke Mars

NASA / JPL

REINHA.com – The National Aeronautics and Space Administration (NASA) berencana akan mengirimkan helikopter ke planet Mars, untuk menguji bagaimana penerbangan di planet lain. Helikopter Mars akan diluncurkan pada tahun 2020.

Tim desain helikopter ini telah menghabiskan lebih dari 4 tahun untuk memperkecil ukuran helikopter sehingga dapat bekerja untuk ukuran bola softball dan memotong berat totalnya menjadi hanya 1,8 kg.

Helikopter ini dirancang secara khusus untuk dapat terbang di atmosfer Mars, yang 100 kali lebih tipis dari atmosfer Bumi.

Nasa menggambarkan helikopter itu sebagai pesawat yang “lebih berat dari udara” karena jenis lain – kadang disebut aerostat – adalah balon dan balon udara.

Ilmuwan Soviet menjatuhkan dua balon ke atmosfer Venus pada 1980-an. Namun tidak ada pesawat yang pernah lepas landas dari permukaan planet lain.

Dua bilah helikopter akan berputar mendekati 3.000 putaran per menit, yang menurut Nasa sekitar 10 kali lebih cepat dari helikopter standar di Bumi.

“Gagasan tentang sebuah helikopter yang menerbangkan langit dari planet lain sangat menggairahkan,” kata Administrator NASA, Jim Bridenstine.

“Helikopter Mars memegang banyak janji untuk penemuan ilmu pengetahuan, penemuan, dan misi kita di masa depan ke Mars” lanjutnya.

(Baca juga: NASA: 2017 Merupakan Salah Satu Tahun Terpanas Di Bumi)

Sementara itu helikopter ini sama halnya dengan pesawat tak berawak, tidak akan ada pilot yang mengendalikannya dari dalam. Helikopter akan terbang hampir 55 juta km (34 juta mil) dari Bumi, terlalu jauh untuk mengirim sinyal remote control.

“Bumi akan berjarak beberapa menit cahaya, jadi tidak ada cara untuk memacu misi ini secara real time,” kata Mimi Aung, manajer proyek di Jet Propulsion Laboratory NASA. Sebaliknya, helikopter akan “menerbangkan misi sendiri”.

Tim JPL membuat helikopter sangat kecil sekuat mungkin untuk memberikan kesempatan terbaik untuk bertahan hidup.

“Catatan ketinggian untuk helikopter yang terbang di Bumi ini sekitar 40.000 kaki. Ketika helikopter kami berada di permukaan Mars, itu setara dengan 100.000 kaki saat di Bumi. Itu adalah bagian dari alasan mengapa NASA menyebut helikopter Mars sebagai proyek risiko tinggi” lanjut Aung.

“Jika tidak berhasil, misi Mars 2020 tidak akan terpengaruh. Jika berhasil, helikopter mungkin memiliki masa depan yang nyata sebagai pramugari terbang rendah dan kendaraan udara untuk mengakses lokasi yang tidak dapat dijangkau oleh perjalanan darat,” kata NASA dalam sebuah pernyataan.

# NASA Akan Mengirimkan Helikopter Ke Mars (jmw-reinha)