Trump Berterima Kasih Atas Rencana Korut Membongkar Lokasi Uji Coba Nuklir

Trump Berterima Kasih Atas Rencana Korut Membongkar Lokasi Uji Coba Nuklir

Drew Angerer / Getty Images

REINHA.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump berterima kasih kepada Korea Utara yang mengatakan akan membongkar lokasi uji coba nuklir situs Punggye-ri di gunung Mantap. Trump menulis ucapan terima kasihnya lewat tweet pada hari Sabtu malam, 12 Mei 2018.

“Korea Utara telah mengumumkan bahwa mereka akan membongkar situs uji coba nuklir pada bulan ini, menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pada 12 Juni. Terima kasih, sikap yang sangat cerdas dan ramah!” tulis Trump di akun Twitternya.

Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh media pemerintah Korea Utara KCNA, Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengatakan bahwa semua terowongan di tanah pengujian timur laut negara itu akan dihancurkan oleh ledakan, dan bahwa fasilitas observasi dan penelitian serta unit penjaga berbasis darat juga akan dihapuskan.

Kim Jong-un telah mengungkapkan rencana untuk menutup situs uji coba nuklir selama pertemuan puncaknya dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bulan lalu. Analis mengatakan bahwa penutupan situs adalah sangatpenting, itu tidak mewakili langkah material menuju denuklirisasi penuh.

(Baca juga: Korut Akan Membongkar Lokasi Uji Coba Nuklir Di Gunung Mantap)

Sebelumnya para ilmuwan juga telah melakukan penelitian dan menemukan bahwa gunung Mantap, Korea Utara, yang digunakan sebagai lokasi uji coba nuklir telah mengalami pergeseran dan terancam kerusakan parah setelah peledakan nuklir terakhir pada September 2018.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa kekuatan ledakan itu sekitar 120 hingga 304 kiloton, atau sepuluh kali kekuatan bom yang dijatuhkan di Nagasaki, Jepang, pada tahun 1945.

Gambar dari citra satelit menunjukkan bahwa ledakan tersebut telah memindahkan gunung sejauh 11,5 kaki (3,5 meter) ke arah selatan. Serta membuat gunung menyusut sebanyak 1,6 kaki (0,5 meter).

# Trump Berterima Kasih Atas Rencana Korut Membongkar Lokasi Uji Coba Nuklir (jmw-reinha)