26 Februari, Hari Korupsi Nasional

26 Februari, Hari Korupsi Nasional

REINHA.com – Keputusan yang dibuat oleh Hakim Sarpin Rizaldi dengan menggugurkan status tersangka Komisaris Jenderal Budi Gunawan , menjadi harapan baru para pelaku kejahatan korupsi untuk mencari celah pembersihan namanya.

“Semua yang menjadi tersangka baik di Polri, Kejaksaan atau KPK akan mengajukan praperadilan,” ujar Kuasa Hukum KPK Catharina Girsang usai sidang praperadilan di Jakarta, Senin 16 Februari 2015.

Tentunya, jika memang benar pendapat yang dilontarkan oleh Kuasa Hukum KPK Catharina Girsang, jelas bukan tidak mungkin seluruh pengadilan baik itu di kejaksaan hingga Polri, akan menjadi harapan baru para koruptor di Indonesia.

Peluang ini juga dibenarkan oleh anggota Komisi Kepolisian Nasional Hamidah Abdurrahman. Menurut dia, dengan putusan itu diprediksi kedepannya akan membuat sibuk seluruh pengadilan di Indonesia.

“Putusan ini akan membawa dampak cukup besar bagi sistem hukum di Indonesia, khususnya hukum acara pidana,” kata Hamidah.

Kritik keras juga dilontarkan mantan Ketua Makhamah Agung Harifin Tumpa. Ia menganggap, lahirnya putusan yang diterbitkan oleh Hakim Sarpin, melampaui kewajaran.

Sarpin dituding melangkahi kewenangan praperadilan sebagaiman yang telah termaktub dalam KUHAP. “Memperluas kewenangan praperadilan dengan alasan tidak diatur, itu kan ngaco. Praperadilan sudah diatur dengan jelas kewenangannya,” ujar Tumpa.

Para pengguna media sosial (Facebook) turut memberi tanggapan atas keputusan ini, beragam tanggapan merka berikan, berikut berapa tanggapan yang diambil dari FansPage Satu Juta Dukungan Selamatkan KPK

Ahmad Fauzi Al Kebalen Ya allah…. sudah cape hati ini..menangis.. melihat pemerintah… turunkanlah.. bencana.. di negeri ini… biar hancur… di telan bumi..

Feby Muliawan Knp hari koruptor di ulang tahun gw sih…?????

Andi Ahmad Willy Pabeangi Kenyataannya kita yg tolol, para koruptor bisa berkuasa dengan leluasa karena kita tidak sungguh-sungguh dalam memerangi korupsi, malah secara tidak sadar ikut mencari makan dan numpang mencari nafkah dan mengais-ngais penghasilan dari harta yang diperoleh dari hasil korupsi di negeri ini. Semoga Allah SWT menyadarkan kita dari keterpurukan ini.

Bahkan dari halaman fanspage pendukung KPK ini menyerukan hari dimana status tersangka Komisaris Jenderal Budi Gunawan digugurkan sebagai Hari Korupsi Nasional.(jmw-reinha)