Ditemukan Black Hole Raksasa Lebih Besar Dari Matahari

Ditemukan Black Hole Raksasa Lebih Besar Dari Matahari

REINHA.com – Lubang hitam atau Black Hole dengan masa 12 miliar lebih dari matahari ditemukan. Lubang besar ini diperkirakan telah terbentuk 1 milar tahun.

Salah seorang ilmuwan asal Universitas Peking di Beijing China, Xue Bing Wu, bersama rekan-rekannya menemukan lubang besar ini dengan sebuah objek terang bernama Quasar.Untuk memastikan temuan mereka, tim ilmuwan tersebut menggunakan teleskop di China dan Amerika Serikat untuk menganalisis jarak lubang hitam itu dari Bumi.

Setelah dihitung, jarak black hole tersebut mencapai 12,8 miliar tahun cahaya dari Bumi. Sedangkan Quasar yang mengelilingi lubang hitam tersebut, terbentuk dari pemanasan gas dan cahaya yang jatuh ke dalam lubang hitam tersebut.

Lubang hitam bernama J0100 + 2802 itu diperkirakan memiliki ukuran 12 miliar kali lebih besar dari massa Matahari.

Salah seorang ilmuwan asal Inggris memperkirakan walaupun berukuran raksasa, lubang hitam tersebut tidak berbahaya.”Semua orang berpikir lubang hitam berbahaya dan mampu menelan apa pun di sekitar mereka, namun itu tidak akan terjadi,” kata Daniel Mortlock dari Universitas Imperial, London.

Perlu penyelidikan lebih lanjut mengenai proses terbentuknya black hole J0100 + 2802, namun diperkirakan lubang raksasa tersebut diawali dengan beberapa lubang hitam kecil yang terbentuk di cluster alam semesta awal. Seiring waktu, lubang tersebut tumbuh besar dengan menghisap kandungan gas satu sama lain.

Meski begitu, para ilmuwan belum mampu memberikan jawaban mengenai asal muasal objek terang yang berada di sekitar lubang hitam tersebut. Demikian dilansir laman NewsScientic, Kamis (26/2/2015).(okz/e-reinha)