Google Ancam Microsoft dan Apple

Google Ancam Microsoft dan Apple

REINHA.com – Tim peretas yang dibentuk oleh Google yang bertugas meningkatkan peranti lunak menghimbau perusahan kompetitor untuk memperbaiki sistim mereka. Google ingin para pembuat peranti lunak bergerak cepat karena penjahat internet beraksi secara kilat ketika mengendus adanya celah.

Dikutip dari Blomberg, Google mengancam Microsoft dan Apple untuk segera memperbaiki bug pada sistem mereka. Jika tidak dituruti, maka celah tersebut akan diungkap ke publik.

Tim peretas bentukan Google ini tidak begitu saja diterima oleh pembuat piranti lunak, Microsoft dan Apple menolak untuk membicarakan taktik tersebut Google dianggap merampas peran terbaik yang diberikan kepada pemerintah.

“Saya tak yakin siapa yang membuat Google jadi wasit pasar untuk pengumuman soal kerentanan,” ujar pemimpin perusahaan software keamanan Denim Grouup, John Dickson.

Menurut Dickson, menekan perusahaan untuk memperbaiki kekurangan adalah hal baik, namun ia bingung motif ‘mulia’ dari Google tersebut bisa dipertanyakan mengingat pada dasarnya mereka mengungkapkan kerentanan bagi dua perusahaan pesaing besarnya.

Google mendirikan tim peretas dan pemrogramnya pada Juli 2014. Proyek yang dinamakan Project Zero itu mencoba membantu orang lain serta memproteksi produknya sendiri yang beroperasi di perangkat dan peranti lunak lain.

Aktivitas tersebut kemudian diyakini oleh sejumlah pakar keamanan lebih cocok berada di tangan badan pemerintah.

“Jika para perusahaan ini tidak bisa akur, hanya akan jadi sebuah kabar buruk bagi keamanan ekosistem keseluruhan,” ungkap Jake Kouns selaku ketua informasi keamanan di Risk Based Security, Richmond, Virginia.(jmw-reinha)