Google Doodle Peringati Ulang Tahun Alessandro Volta

Google Doodle Peringati Ulang Tahun Alessandro Volta

REINHA.com – Hari ini Google Doodle memperingati ulang tahun ke 270 Alessandro Volta. Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Gerolamo Umberto Volta (lahir di Como, Tanah Milik Duke Milan, (kini Italia), 18 Februari 1745 – meninggal di Como, Lombardi-Venetia, (kini Italia), 5 Maret 1827 pada umur 82 tahun) adalah seorang fisikawan Italia. Ia dikenal karena mengembangkan baterai pada tahun 1800.

Volta melanjutkan pekerjaan Luigi Galvani dan membuktikan bahwa teori Galvani yaitu efek kejutan kaki kodok adalah salah. Secara fakta, efek ini muncul akibat 2 logam tak sejenis dari pisau bedah Galvani. Berdasarkan pendapat ini, Volta berhasil menciptakan Baterai Volta (Voltac Pile). Atas jasanya, satuan beda potensial listrik dinamakan.

Pada tahun-tahun antara 1776-1778, Volta mempelajari kimia gas. Ia meneliti dan menemukan metana menemukan metana di Danau Maggiore, dan pada tahun 1778 ia berhasil mengisolasi metana. Volta merancang percobaan seperti pengapian metana oleh percikan listrik dalam wadah tertutup. Volta juga mempelajari apa yang sekarang kita sebut kapasitansi listrik, pengembangan sarana terpisah untuk belajar baik potensial listrik (V) dan muatan (Q), dan menemukan bahwa untuk objek tertentu, mereka proporsional. Hal ini disebut Hukum Kapasitansi Volta , dan itu untuk pekerjaan ini unit potensi listrik dinamakan volt.

Pada tahun 1779 ia menjadi profesor fisika eksperimental di Universitas Pavia, sebuah kursi yang ia duduki selama hampir 40 tahun.(jmw-reinha)