Planet Ini Bersuhu Ekstrim 1.800 Derajat Celsius

Planet Ini Bersuhu Ekstrim 1.800 Derajat Celsius

REINHA.com – Sebuah planet berjarak 1.500 tahun cahaya dari Bumi diketahui memiliki suhu panas yang ekstrim. Suhu permukaan planet berbatu tersebut mencapai 1.800 derajat celsius.

Para astronom juga mengatakan benda angkasa ini secara perlahan mulai hancur dan menguap diakibatkan panas yang luar biasa. Bahkan puing-puing bebatuan serta debu dari planet ini membentuk sebuah ekor yang mirip dengan komet.

Dalam sebuah makalah The Astrophysical Journal, ilmuwan yang mempelajari planet ini menggunakan Herschel Telescope William di kepulauan Canary. Alasan suhu panas yang ekstrim tersebut adalah karena planet ini terletak terlalu dekat dengan bintang induknya.

Orbitnya yang sangat kecil menyebabkan rotasi dan periode edarnya sangat sebentar. Peneliti memperkirakan, satu tahun di planet ini, tidak lebih dari satu hari di Bumi.

“Satu hari di KIC 1255b (nama planet tersebut), hanya berlansung selama enam belas jam di Bumi dan secera keseluruhan wilayah di planet tersebut sedang mendidih,” ucap astronom dan penulis utama studi ini, Jakub Bochinski bersama dengan Open University di London dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Softpedia, Jumat (20/2/2015). Sementara ukurannya, peneliti memperkirakan sama dengan Merkurius.(okz/e-reinha)

Planet bernama KIC 1255b memiliki suhu 1.800 derajat celsius (foto : Softpedia)