25 Negara Akan Bebas Visa Ke Indonesia25 Negara Akan Bebas Visa Ke Indonesia

25 Negara Akan Bebas Visa Ke Indonesia

REINHA.com – Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan bahwa sebanyak 25 negara dunia akan bebas visa ke Indonesia. Dengan bebasnya visa ini, diharapkan Indonesia akan lebih mampu bersaing dengan negara-negara lain.

“25 negara yang akan bebas visa itu hampir semua negara di Eropa didaftarkan termasuk Amerika,” tegas Arief Yahya seusai rapat koordinasi terakhir membahas finalisasi paket kebijakan reformasi struktural perekonomian di Jakarta, Senin (16/3/2015).

Arief Yahya mengatakan 25 negara yang bakal bebas visa ke Indonesia adalah Amerika, negara-negara Eropa seperti Inggris, Perancis, Belanda, Italia, Jerman, Norwegia.

“Indonesia seharusnya menambah lima negara sebelumnya yang bebas visa tapi karena Australia berbeda sistem dengan Indonesia maka Aussie tidak jadi, sebab Indonesia menggunakan sistem resiprokal,” bebernya.

Dengan memperbanyak bebas visa ke Indonesia maka dirinya yakin Indonesia siap bersaing dengan negara tetangga yang lebih dahulu telah membebas visa banyak negara.

“Bebas visa dilakukan oleh Malaysia, Singapura dan Thailand sehingga kita bisa bersaing dengan mereka, khususnya dalam hal memudahkan negara lain untuk datang ke Indonesia,” tambahnya.

Menurutnya, bebas visa yang dilakukan di Indonesia tentunya harus mendapat restu dari Presiden. Bahkan, pengumumannya pun akan diutarakan Presiden Jokowi.

“Bebas visa itu kan bersangkutan dengan antar negara jadi biar Presiden Jokowi yang mengumumkan. Pasti diutarakan sama Beliau (Presiden Jokowi-red),” tutupnya. (oke/rsn-reinha)