5 Manfaat Cabai Bagi Kesehatan

5 Manfaat Cabai Bagi Kesehatan

REINHA.com – Rasa pedas dari cabai memang sangat digemari banyak orang. Tak hanya populer sebagai moodbooster, rasa pedas pada makanan tertentu bisa menambah selera makan seseorang. Tapi ternyata rasa pedas dari cabai punya manfaat lain yang baik bagi kesehatan tubuh, tentu saja jika tidak dikonsumsi berlebihan.

Dikutip Timesofindia, Sabtu (21/3/2015), berikut ini lima rahasia pedasnya cabai bagi kesehatan tubuh yang harus diketahui.

Membakar kalori

Cabai sering menjadi bumbu tambahan yang ternyata juga dapat membuat Anda kehilangan timbunan lemak. Sesuai penelitian, cabai telah mempunyai senyawa yang memberikan efek termogenik, sehingga membuat tubuh membakar kalori lebih banyak setelah Anda merasakan sensasi pedasnya.

Mencegah kanker

Dari temuan penelitian yang pernah ada, bahwa capsaicin dalam cabai memiliki kemampuan untuk membunuh beberapa sel kanker. Selain itu, cabai juga dapat membantu mencegah stroke dan obesitas. Uniknya lagi, cabai juga mampu memerangi pilek. Maka itu, jika Anda mengalami pilek disarankan makan pedas agar meredakan penyumbatan hidung.

Kesehatan jantung

Cabai juga dikenal untuk mengurangi risiko kardiovaskular. Mereka menurunkan insiden serangan jantung dan stroke karena dapat mengurangi efek merusak dari LDL (kolesterol jahat). Bukan hanya itu, bahan pembangkit nafsu makan ini juga dikatakan untuk membantu memerangi peradangan, yang merupakan faktor utama dalam masalah jantung.

Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa dalam cabai memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini juga ditunjukkan untuk mendorong pembuluh darah untuk bersantai.

Meredam amarah

Makanan pedas dikatakan untuk meningkatkan produksi hormon serotonin yang membuat suasana hati bahagia. Selain itu, hormon membantu meringankan depresi dan meredam amarah. (oke/rsn-reinha)