Astronot Ini Potong Rambut Di Luar Angkasa

Astronot Ini Potong Rambut Di Luar Angkasa

REINHA.com – Seorang astronot wanita NASA telah membagi pengalaman uniknya saat astronot yang lain harus memotong rambutnya di luar angkasa. Samantha Cristoforetti, mengungkapkan keseruan saat rekannya, Terry Virts, memotong rambutnya di dalam pesawat ruang angkasa tanpa gravitasi.

Seperti dilansir Dailymail, 24 Maret 2015, sebagai seorang astronot yang bertugas memperbaiki mesin-mesin rusak di luar angkasa, wanita Itali berusia 37 tahun itu harus menjaga rambutnya tetap pendek. Saat itu ia dan rekannya, Terry, berada dalam misi Expedition 43 di Stasiun Antariksa Internasional selama enam bulan.

Saat Terry memotong rambut, sebelah tangan Samantha harus berpegangan pada tiang untuk menjaga keseimbangan. Sedangkan sebelah tangannya lagi menggenggam vakum cleaner kecil, yang berfungsi untuk menyedot helaian rambutnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah rambut-rambut melayang-layang tak tentu kemudian menyumbat bagian-bagian mesin.

Dalam sejumlah foto dan video, merekam bagaimana kedua astronot itu melakukan sesi pemotongan rambut dengan sukses. Tidak ada sehelai rambutpun yang luput dari sedotan vakum cleaner.

Tak hanya potong rambut, sebelumnya Samantha pernah berbagi tentang bagaimana dirinya menjaga kebugaran tubuh selama di luar angkasa. Ia melakukan olahraga rutin dengan menggunakan harness dan tali bungee. Menurutnya latihan fisik sangat penting bagi mereka yang bekerja di kondisi sulit seperti itu. (rsn-reinha)