Bahaya Selfie Saat Gerhana Matahari

Bahaya Selfie Saat Gerhana Matahari

REINHA.com – Berkat maraknya ponsel pintar atau smartphone, foto selfie kini telah menjadi gaya hidup masyarakat di seluruh dunia. Karena gaya hidup inilah, para ahli mata memperingatkan para pengguna smartphone untuk tidak melakukan selfie saat terjadi gerhana matahari.

Para ahli dari The College of Optometrists, Inggris, mengatakan bahwa akan sangat berbahaya bagi seseorang yang melihat langsung ke arah gerhana dengan memposisikan diri untuk selfie. Atau mengambil gambar langsung pada gerhana, sambil sesaat melirik ke arah gerhana.

Melihat langsung ke arah gerhana matahari dapat menyebabkan kebutaan, bahkan melihat sebentar saja dapat menyebabkan luka bakar di bagian belakang mata. Karena itu para ahli menyarankan untuk melihat gerhana matahari dengan menggunakan kacamata pelindung khusus dan menghadap jauh dari matahari.

“Pada tahun 1999, ketika gerhana matahari total terakhir terjadi, tidak ada orang yang mempunyai smartphone atau mengambil foto selfie. Namun sekarang, seseorang mungkin tergoda untuk melihat matahari untuk mendapatkan gambar atau video yang sempurna. Ini bisa sangat berbahaya bagi mata” ucap Daniel Hardiman-Mc Cartney, penasihat klinik The College of Optometrists, seperti dilansir BBC, 17 Maret 2015.

Gerhana matahari total akan terjadi besok, Jumat, 20 Maret 2015. Diperkirakan beberapa wilayah di bumi akan mengalami kondisi gelap, terutama di Inggris, Skotlandia dan Irlandia.

Ini merupakan fenomena gerhana matahari total pertama dalam 15 tahun terakhir, karena itu para ahli memperingatkan orang-orang yang menyaksikan fenomena ini untuk tidak menggunakan smartphone untuk mengabadikan gerhana tersebut. (rsn-reinha)