Dokter Angkat  Gumpalan Rambut Dari Perut Seorang Balita

Dokter Angkat Gumpalan Rambut Dari Perut Seorang Balita

REINHA.com – Sivam Kumar, seorang balita asal India yang baru berusia 4 tahun, mempunyai kebiasaan buruk mencabut dan menelan rambutnya sendiri. Baru-baru ini dokter melakukan operasi terhadap Sivam dan menemukan gumpalan rambut sepanjang lebih dari satu meter di dalam perut anak laki-laki itu.

Sejak 9 bulan terakhir, Sivam mempunyai kebiasaan mencabut dan menelan rambutnya sendiri. Hal itu menyebabkan Sivam sering muntah dan tidak bisa makan dengan normal. Sivam akhirnya mengalami kekurangan gizi dan dehidrasi.

Pertama kali ia dibawa ke rumah sakit, dokter mengatakan bahwa ia mengalami infeksi perut biasa dan memberikannya obat sakit perut. Namun kemudian perutnya menjadi kembung dan buncit. Sivam dibawa ke beberapa dokter namun semua mengatakan tidak menemukan masalah apapun di perut Sivam. Terakhir Sivam akhirnya dibawa ke rumah sakit di New Delhi, disana ia menjalani CT scan.

“CT Scan menunjukkan bahwa ada gumpalan rambut besar di perut. Saya sulit untuk percaya” ucap Sunil Kumar, 36 tahun, ayah Sivam, seperti dilansir Dailymail, 15 Maret 2015.

Dokter bedah rumah sakit tersebut akhirnya melakukan operasi untuk mengangkat gumpalan rambut tersebut, pada tanggal 4 Februari lalu.

Munni Devi, 28 tahun, ibu Sivam, mengatakan bahwa setelah operasi, kini mereka mencukur rambutnya agar ia tidak tergoda untuk memakannya lagi. Atas saran dokter, mereka akan menjaga Sivam agar tetap botak hingga ia berusia 10 tahun, sehingga tidak akan ada risiko Sivam untuk memakan rambutnya lagi.

Dr Shilpa Sharma dari Rumah Sakit All India Institute of Medical Sciences, New Delhi, India, mengatakan bahwa Sivam menderita Trikotilomania atau dikenal dengan Rapunzel Syndrome, yang biasanya hanya ditemukan pada anak perempuan remaja. Trikotilomania adalah istilah yang digunakan untuk kondisi psikologis dimana seseorang memiliki dorongan untuk mencabuti rambutnya. Sivam juga menderita Trichobezoar, kondisi dimana seseorang mengoleksi rambutnya dengan cara ekstrim. (rsn-reinha)