Dua Pria Disabilitas Tanam 10 Ribu Pohon Di China

Dua Pria Disabilitas Tanam 10 Ribu Pohon Di China

REINHA.com – Tidak dapat melihat dan tidak memiliki lengan, tidak lantas membuat kedua pria ini menyerah dengan kondisi fisiknya. Jia Haixia dan Jia Wengi, merupakan dua sahabat yang masing-masing memiliki keterbasan fisik. Namun mereka bekerja sama dan mampu menanam 10.000 pohon di lahan gundul di Hebei, China, dalam waktu 10 tahun.

Jia Haixia, 53 tahun, lahir dengan katarak kongenital yang menyebabkan mata kirinya buta. Pada tahun 2000, ia mengalami kecelakaan kerja yang membuat mata kanannya juga buta. Sedangkan Jia Wengi, tidak memiliki lengan sejak kecil. Di usia 3 tahun, ia mengalami kecelakaan yang membuat kedua lengannya harus diamputasi.

Dua Pria Disabilitas Tanam 10 Ribu Pohon Di China

Jia Haixia yang buta dan Jia Wengi yang tanpa lengan, tidak dapat mencari kerja yang layak dengan kondisi mereka tersebut. Namun ternyata bersama-sama mereka mampu melakukan pekerjaan yang sangat berguna bagi masa depan bumi.

10 tahun yang lalu, pemerintah setempat meminta kedua pria itu untuk menanam pohon di lahan gundul seluas 3 hektar yang berada di tepi sungai. Jika dikerjakan sendiri memang tidak mungkin mereka mampu melakukannya, namun berdua mereka adalah tim yang sangat baik untuk pekerjaan ini.

“Saya adalah tangannya dan dia adalah mataku. Kami adalah tim yang baik” ucap Jia Haixia, seperti dilansir Dailymail, 13 Maret 2015.

Tidak banyak penghasilan yang diberikan pemerintah kepada mereka, namun mereka merasa itu cukup untuk kelangsungan hidup mereka. Dan mereka merasa bangga dengan pekerjaan yang mereka lakukan meskipun 10.000 pohon dalam 10 tahun bukanlah jumlah yang banyak bagi mereka. (rsn-reinha)