Gangguan Tidur, Pertanda Masalah Kesehatan

Gangguan Tidur, Pertanda Masalah Kesehatan

REINHA.com – Sebagian besar manusia tanpa disadari akan terbangun secara teratur saat tidur di malam hari. Namun jika seseorang terbangun sepenuhnya karena gangguan-gangguan tertentu, itu bukanlah hal kecil yang dapat diabaikan. Bisa jadi gangguan tidur tersebut adalah pertanda adanya masalah kesehatan tubuh.

Seperti dilansir Mirror, 30 Maret 2015, Dr Neil Stanley dari British Sleep Society telah melakukan penelitian terhadap gangguan-gangguan tidur dan mencari tahu penyebabnya. Berikut ini sejumlah gangguan tidur yang dijabarkan Dr Neil dan penyebab terjadinya gangguan tersebut.

Gangguan Tidur: Kaki kram
Penyebab: Kelebihan olahraga, kelebihan konsumsi lemak

John Scurr, konsultan ahli bedah pembuluh darah di Rumah Sakit Middlesex, mengatakan bahwa olahraga berlebih dapat mengurangi kalsium dan meningkatkan magnesium sehingga memicu kram. Selain itu kram dapat terjadi akibat timbunan lemak atau dari kadar gula darah yang tinggi.

Gangguan Tidur: Nyeri punggung
Penyebab: Arthritis, peradangan sendi

Punggung terasa nyeri hingga mengganggu tidur bisa disebabkan oleh kualitas kasur yang sudah menurun, sudah harus diganti sehingga menjadi keras. Namun selain itu nyeri punggung menandakan bahwa seseorang menderita arthritis atau peradangan sendi di tulang belakang.

Gangguan Tidur: Masalah pernafasan
Penyebab: asma nokturnal, kondisi jantung

Terbangun di malam hari karena sulit bernafas menandakan bahwa seseorang menderita penyakit asma. Namun yang lebih mengkhawatirkan, sulit bernafas bisa juga menandakan adanya masalah jantung yang serius.

Gangguan Tidur: Banyak berkeringat
Penyebab: Hormon, minuman keras

Minuman beralkohol memang membantu seseorang untuk tertidur lebih nyenyak, tapi alkohol juga menyebabkan perluasan pembuluh darah di kulit. Hal ini akan membuat tubuh memanas sehingga seseorang berkeringat saat tidur. Selain itu berkeringat juga bisa disebabkan oleh efek samping antidepresan, yang meningkatkan kadar hormone stress seperti, noradrenalin.

Pada wanita, berkeringat bisa menjadi hasil dari kadar estrogen yang rendah, yang turun sebelum atau selama periode menstruasi, atau menopause. Sedangkan pada pria bisa jadi disebabkan kadar tertosteron yang rendah.

Berkeringat di malam hari dapat menandakan ada masalah kesehatan seperti masalah kanker atau jantung, jadi jika berkeringat terus-menerus harus segera menghubungi dokter.

Gangguan Tidur: Pergi ke toilet
Penyebab: Kandung kemih yang tidak stabil, prostat

Sering pergi ke toilet untuk buang air kecil saat tidur merupakan tanda ada masalah di kandung kemih. Namun bisa juga disebabkan kanker prostat, jika terus menerus terjadi, dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. (jmw-reinha)