Ili Pika, Kelinci Langka Asal China Yang Terancam Punah

Ili Pika, Kelinci Langka Asal China Yang Terancam Punah

REINHA.com – Spesies kelinci langka bernama Ili Pika terlihat untuk pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir. Hewan yang ditemukan oleh seorang peneliti bernama Li Weidong pada tahun 1983 ini merupakan salah satu spesien yang terancam punah, dengan jumlah yang lebih sedikit daripada hewan panda yang juga dikenal sangat langka di China.

Ili Pika secara resmi dikenal sebagai Ochotona iliensis, memiliki panjang 8 inci, relatif lebih kecil dari kelinci biasa. Hewan menggemaskan ini juga memiliki telinga yang lebih pendek dari kelinci biasa. Ili Pika hidup di pegunungan Tianshan, wilayah Xinjiang, China.

Pada tahun 1983, Li Weidong dan timnya pertama kali menemukan Ili Pika di pegunungan Tianshan. Saat itu Li memperkirakan ada sekitar 2.900 Ili Pika yang hidup di pegunungan itu. 20 tahun kemudian Li melakukan demografi baru, dan memperkirakan habitat Ili Pika turun menjadi 2.000 ekor.

Ili Pika, Kelinci Langka Asal China Yang Terancam Punah

Kini setelah Li dan timnya kembali melakukan demografi, ia memperkirakan bahwa jumlah Ili Pika yang tersisa hanya kurang dari 1.000 ekor.

“Saya yang menemukan spesies itu, dan saya yang menyaksikan hewan itu terancam punah. Jika hewan itu punah di hadapan saya, saya akan merasa sangat bersalah. Spesies ini bisa punah kapan saja. Mereka tidak ada lagi di tempat mereka dulu pernah saya temukan” ucap Li, seperti dilansir Dailymail, 24 Maret 2015.

Sangat sedikit yang diketahui tentang spesies langka ini, dikarenakan tidak adanya pengamatan spesifik terhadap ekologi, prilaku, atau reproduksi dari hewan ini. Namun Li meyakini bahwa penyebab berkurangnya jumlah Ili Pika disebabkan oleh pemanasan global yang membuat ketinggian salju di pegunungan Tianshan terus meningkat. (rsn-reinha)