Kurang Tidur 30 Menit Tingkatkan Risiko Obesitas

Kurang Tidur 30 Menit Tingkatkan Risiko Obesitas

REINHA.com – Kurang tidur tak hanya membuat tubuh tidak fit dan mudah terserang penyakit. Ternyata begitu banyak risiko kesehatan yang ditimbulkan dari kurang tidur, salah satunya obesitas. Sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan baru-baru ini menunjukkan hasil bahwa, kurang tidur selama 30 menit saja dapat meningkatkan risiko obesitas hingga 72%.

Para ilmuwan dari University of Bristol dan Weill Cornell Medical College, melakukan penelitian dengan enghitung ‘hutang tidur’ dari 552 orang. Hasil penelitian mereka, yang dipublikasikan minggu lalu dalam sebuah pertemuan tahunan di California, mengungkapkan bahwa, kehilangan jam tidur sedikit saja memiliki konsekuensi yang besar terhadap kesehatan.

Seperti dilansir Dailymail, 15 Maret 2015, seseorang yang kehilangan 30 menit waktu tidur memiliki risiko 72 % untuk mengalami obesitas. Hal ini disebabkan oleh terjadinya gangguan terhadap ritme alami sejumlah hormon, salah satunya yang menyebabkan resistensi insulin.

Resistensi insulin terjadi ketika kadar hormon yang tinggi dan menyebabkan sensitivitas berkurang. Tak hanya obesitas, dikemudian hari kondisi ini akan menyebabkan diabetes, yang terkait dengan peningkatan risiko penyakit berat lainnya, seperti serangan jantung, stroke dan kebutaan.

Para ilmuwan mengatakan bahwa kehidupan modern yang penuh kesibukan telah membuat manusia melawan jam tubuh mereka sendiri. Manusia kini seenaknya mengurangi jam tidur mereka, dan ini akan mengakibatkan masalah kesehatan yang sangat serius. (rsn-reinha)