Minyak Kelapa Dapat Menghilangkan 60% Kalori Dari Nasi

Minyak Kelapa Dapat Menghilangkan 60% Kalori Dari Nasi

REINHA.com – Nasi merupakan salah satu makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi masyarakat di Indonesia. Makanan tinggi karbohidrat dan gula ini mempunyai 200 kalori di setiap 100 gram-nya. Bagi mereka yang sedang menjalani program diet, nasi adalah salah satu makanan yang paling dihindari. Namun kini ada cara alami untuk mengurangi kalori pada nasi hingga sebanyak 60%.

Seperti dilansir TIME, 23 Maret 2015, sebuah penelitian dari para ahli di Sekolah Tinggi Ilmu Kimia Sri Lanka, mengatakan bahwa menambahkan sedikit minyak kelapa saat memasak nasi dan mendinginkan nasi di dalam lemari pendingin dapat mengurangi kalori dari nasi 50% hingga 60%.

Nasi memiliki dua jenis zat pati, zat pati yang mudah dicerna dan zat pati sulit dicerna. Zat pati yang sulit dicerna tidak dapat berubah menjadi gula dan diserap dalam aliran darah, seperti zat pati jenis pertama. Manusia tidak mempunyai enzim untuk mencerna zat pati jenis ke dua. Karena itu semakin banyak nasi memiliki zat pati jenis ke dua, maka akan semakin sedikit kalori dari pati yang akan di serap tubuh.

Para peneliti melakukan penelitian dengan mencari tahu apakah mereka bisa mengubah beberapa zat pati yang yang mudah dicerna ke dalam jenis pati yang sulit dicerna. Mereka menguji 38 jenis beras dan simulasi pencernaan manusia dalam tabung reaksi. Mereka merancang resep untuk mengurangi kalori saat memasak nasi.

Dan hasilnya, mereka menemukan cara alami yang sangat jitu untuk memangkas hingga 60% kalori pada nasi. Caranya, tambahkan satu sendok makan minyak kelapa saat memasak satu gelas beras, masak sekitar 40 menit. Setelah matang, masukan nasi ke dalam lemari pendingin selama 12 jam.

Minyak kelapa berfungsi menambah perlindungan ekstra pada nasi sehingga tidak dicerna dengan cepat. Sedangkan unit glukosa dalam nasi yang panas memiliki struktur yang longgar, namun ketika dingin, molekul mengatur ulang dirinya sehingga ia berubah menjadi pati yang sulit dicerna. (rsn-reinha)