Mourinho: Kurt Zouma Cocok Gantikan Terry

Mourinho: Kurt Zouma Cocok Gantikan Terry

REINHA.com – Jose Mourinho mengatakan The Blues sudah punya calon suksesor Terry, dia adalah Kurt Zouma. Hal ini menjawab penilaian dari Jamie Carragher yang mengatakan Chelsea akan kesulitan mencari pengganti John Terry.

Penilaian Carragher itu dikarenakan penampilan Terry yang memukau saat saat membawa Chelsea memenangi Piala Liga Inggris akhir pekan lalu. Satu gol dibuat dalam kemenangan 2-0 ‘Si Biru’ yang membuatnya dinobatkan sebagai man of the match.

Dengan performa yang masih oke di usia yang sudah menginjak 34 tahun, jelas Chelsea akan sangat merugi jika kehilangan Terry. Jikalau kontraknya tak diperpanjang musim panas nanti, Terry akan pergi dan Chelsea akan kelimpungan mencari penggantinya, terlebih dalam hal kepemimpinan di atas lapangan.

Namun Mourinho selaku manajer Chelsea memastikan bahwa kapten tim tersebut bakal dapat perpanjangan kontrak setidaknya sampai 2017. Ini artinya lini belakang Chelsea masih aman karena Terry tetap ada di sana.

Tapi ketika masanya Terry untuk gantung sepatu sudah tiba, Mourinho pun tak perlu khawatir karena dia sudah punya Zouma yang dipersiapkan untuk menjadi pengganti Terry, baik sebagai komandan di lini belakang sekaligus kapten tim.

“Mereka (Terry dan Zouma) adalah pemain yang berbeda. Kadang Anda bisa mendapat tiruan dari seorang pemain,” tutur Mourinho di Mirror.

“Di satu sisi Anda tidak akan mendapatkannya, dan jika saatnya bukan sekarang untuk Zouma yang masih 20 tahun, mungkin suatu Zouma saat berumur 23 atau 24 tahun akan menjadi pemain dengan kedewasaan sempurna dan mungkin juga punya jiwa kepemimpinan untuk menggantikan Terry,” lanjutnya.

“Zouma bermain melebih ekspektasi saya, lebih dari perkiraan banyak orang. Jadi dia sudah mendapatkan pengalaman yang sangat penting.”

Zouma sendiri baru bermain musim ini bersama Chelsea, meski sudah dibeli dari Saint Ettiene sejak musim lalu. Belakangan bek asal Prancis itu sudah jadi partner Terry menggeser posisi Gary Cahill. Total Zouma sudah tampil 15 kali di seluruh kompetisi dan bikin dua gol.

“Kami membelinya karena kekuatan fisiknya, tapi kami belum puas dengan pendalamannya soal taktik dalam pertandingan.”

“Kami yakin bisa memberikan itu kepadanya. Di sesi pramusim, saya melihat dia membuat kesalahan di Jerman saat melawan Werder Bremen. Kesalahan di Hongaria melawan Ferencvaros.”

“Saya berpikir ‘Itu bukan masalah, memang butuh waktu’. Dia punya masa depan cemerlang, rendah hati, pekerja keras, dan mau belajar serta mendengar. Dengan kecerdasannya, dia melalui proses dengan sangat cepat untuk bisa bersaing dengan Gary Cahill,” demikian Mourinho.(sportdetik/e-reinha)