Penelitian: 67% Perokok Akan Mati Karena Rokok

Penelitian: 67% Perokok Akan Mati Karena Rokok

REINHA.com – Merokok ternyata lebih mematikan dari yang kita duga selama ini. Sebuah penelitian terbaru dari para ilmuwan di Australia, menunjukkan bahwa 67% dari perokok akan mati akibat kebiasaan buruk ini. Tidak hanya itu, merokok juga dapat menyebabkan risiko peningkatan setidaknya 13 jenis kanker yang berbeda.

“Kami tahu merokok itu buruk, tapi kami sekarang memiliki bukti independen langsung yang menegaskan temuan mengganggu yang muncul secara internasional” ucap Emily Banks, salah seorang peneliti dari Universitas Nasional Australia, seperti dilansir Dailymail, 28 Februari 2015.

Studi ini menunjukkan risiko relatif merugikan kesehatan akan meningkat seiring dengan meningkatnya intensitas merokok. Diukur dari jumlah tembakau yang dihisap perhari dan dengan meningkatnya durasi merokok. Semakin awal seorang perokok melepaskan kebiasaan merokok secara permanen, kesempatan untuk terhindar dari penyakit-penyakit mematikan akan meningkat.

Dan lebih dari sekedar dampak buruk bagi kesehatan, perokok cenderung membutuhkan rata-rata 40% biaya tambahan untuk perawatan kesehatan, menurut New England Journal of Medicine.

Sejumlah inisiatif sudah diterapkan dalam upaya untuk mengurangi kebiasaan merokok, mulai dari larangan merokok di tempat-tempat umum, di restoran dan taman. Namun upaya tersebut nampaknya belum membuahkan hasil yang diharapkan. (jmw-reinha)