Ribuan Akun Twitter Dukung ISIS Sebarkan Pesan

Ribuan Akun Twitter Dukung ISIS Sebarkan Pesan

REINHA.com – ISIS menggunakan akun twitter untuk menyebarkan propogandanya, diperkirakan setidaknya 64 ribu akun dikerahkan oleh kelompok ini untuk menyebarkan pesan

Dilansir Smh, Jumat (6/3/2015), Twitter diketahui berusaha menggagalkan ancaman kelompok tersebut, menangguhkan akun-akun yang menyebarkan pesan propaganda dan rekrutmen online yang berkaitan dengan grup tersebut. Namun, simpatisan mempertahankan ribuan akun aktif pada jejaring sosial.

Pengguna termasuk kelompok inti yang sering mengirimkan pesan dan memahami bagaimana memaksimalkan efeknya. “Para jihadis akan memanfaatkan segala teknologi yang akan bekerja untuk keuntungan mereka,” tutur JM Berger, seorang ahli ‘online extremism’ yang menulis studi tentang fenomena itu.

Menurut Berger, ISIS jauh lebih berhasil daripada kelompok lainnya. Rilis mengenai studi ini datang karena Twitter yang berbasis di San Francisco dengan lebih dari 288 juta pengguna aktif di seluruh dunia mengambil langkah lebih agresif untuk menahan akun terkait dengan ISIS.

Grup yang berlindung di bagian Suriah dan Irak menggunakan jaringan sosial untuk mempublikasikan eksekusi tahanan, termasuk pemenggalan kepala dan setidaknya satu pengorbanan diri.

Tindakan keras oleh Twitter pada kelompok itu menyebabkan ancaman pembunuhan terhadap para pemimpin dan karyawan perusahaan.(jmw-onvsoff)