Tiruan Apple Watch Sudah Beredar Di China

Tiruan Apple Watch Sudah Beredar Di China

REINHA.com – Tidak butuh waktu lama bagi sejumlah pabrik ponsel di China untuk membuat jam tiruan Apple Watch. Hanya berselang satu hari dari peluncuran resmi Apple Wacth, produk-produk jam pintar jiplakan Apple Wacth sudah beredar dengan harga yang terjangkau.

Daily Mail, Minggu (15/3/2015), menyebutkan bahwa aneka jam pintar tiruan Apple Watch sudah bisa ditemukan di pusat perbelanjaan Huaqiangbei di kota Shenzhen, China .

Situs e-commerce Taobao milik Alibaba turut dilaporkan memajang dua merek produk sejenis dengan label “AW08” dan “iWatch”. Keduanya meniru tampilan Apple Watch, termasuk bagian user interface, bahkan juga tombol putar “Digital Crown”.

Produk-produk tiruan ini dijual dengan harga relatif murah di kisaran 250 yuan atau sekitar Rp 500.000, sementara Apple Watch asli paling murah dibanderol 350 dollar AS atau sekitar Rp 4,6 juta.

Meski mirip, jam-jam pintar itu sebenarnya menjalankan sistem operasi Android yang dimodifikasi sedemikian rupa agar tampilan antarmukanya menyerupai Apple Watch.

Apple Watch sendiri baru akan mulai dipasarkan di China mulai bulan depan. Selain model “Sport” termurah dari bahan aluminium yang dijual mulai dari 350 dollar AS, Apple juga menyediakan varian lain dari bahan stainless steel yang dihargai mulai dari 550 dollar AS atau sekitar Rp 7,3 juta.

Varian termahal, Apple Watch Edition yang terbuat dari emas, memiliki banderol harga fantastis mulai 13.000 dollar AS atau sekitar Rp 130 juta. Masing-masing varian Apple Watch dijual dalam dua pilihan ukuran, yaitu 38 mm dan 42 mm. (kmp/rsn-reinha)