Amerika Ciptakan Robot Dengan Ekspresi Wajah

Amerika Ciptakan Robot Dengan Ekspresi Wajah

REINHA.com – Dalam acara pameran elektronik di Hong Kong, Hanson Robotics, perusahaan robot dari Amerika Serikat, memamerkan teknologi robot terbaru yang mereka ciptakan. Mereka menciptakan robot yang dapat mengenali ekspresi wajah manusia, tak hanya itu robot-robot ini juga dapat menunjukkan ekspresi di wajah mereka saat berbincang-bincang dengan manusia.

Robot humanoid yang baru berbentuk sempurna di bagian kepala ini diberi nama Han. Han dirancang oleh seorang desainer robot asal Amerika, David Hanson. Untuk membuat Han, David menggunakan bahan lunak yang disebut Frubber menggunakan teknik mesin bertubuh lunak dan nanoteknologi.

Han dapat mengenali dan menanggapi ekspresi wajah manusia secara alami. Ia dapat menunjukkan ekspresi wajah, bercakap-cakap, bahkan dapat membuat kontak mata dengan lawan bicaranya. Seperti kulit manusia, kulit wajah Han mempunyai pori-pori dengan ukuran yang sama dengan kulit manusia, yaitu 4-40 nanometer.

Seperti dilansir Dailymail, 18 April 2015, menurut Hanson Robotic, robot humanoids ini benar-benar dapat melihat dan mengingat wajah lawan bicaranya, dan benar-benar memahami pembicaraan yang terjadi dengan lawan bicaranya, ia dapat terlibat dalam dialog yang cerdas.

Han kini sedang dipamerkan di sebuah pameran elektronik yang merupakan salah satu pameran elektronik terbesar di dunia, dengan lebih dari 4.000 stan yang menampilkan teknologi dan gadget terbaru. (jmw-reinha)